Waspada Takjil Berbahaya, Ini Tanggapan Disperindag

0
220
Waspada Takjil Berbahaya

Encik dan puan harap waspada dengan takjil yang berbahaya ya. Takjil memang jadi sajian wajib untuk berbuka puasa bagi kebanyakan orang. Namun tak semua takjil itu sehat.

Ditemukannya Bahan Berbahaya

Dinas Perindustrian dan Pedagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru memberikan imbauan kepada masyarakat kota pekanbaru untuk waspada dengan takjil atau sajian buka puasa yang mengandung bahan yang berbahaya.

Minggu lalu kabarnya tim Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Pekanbaru menemukan makanan yang mengandung bahan berbahaya di pasar Ramadan.

Di pasar ramadan tersebut, mereka menemukan Boraks serta Rhodamin B di dalam keripik tempe dan cendol delima. Hal tersebut diketahui setelah dilakukannya uji sampel terhadap puluhan makanan yang dijual di pasar Ramadan.

“Kita imbau masyarakat untuk waspadai adanya makanan atau minuman buka puasa yang mengandung bahan berbahaya,” ujar Kepala Disperindag Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin.

Peringatan Kepada Pedagang

Ia juga mengaku bahwa dari awal sudah memberikan peringatan kepada para pedagang untuk menjual  makan serta minuman yang layak untuk dikonsumsi. Para pedagang juga harus memastikan takjil yang dijual tersebut higienis dan layak konsumsi

Zulhelmi selalu mengingatkan pedagang untuk jangan sampai makanan yang jual dapat membuat pembeli sakit setelah memakannya. Ia tidak mau menemukan bahan berbahaya di makanan ataupun minuman di Pasar Ramadan ini terjadi lagi.

“Jangan sampai sakit perut orang membeli di sana, ini bulan puasa kan. Kita tentu tidak ingin hal ini terjadi lagi,” pungkas Kepala Disperindag Kota Pekanbaru.

Pihaknya akan bekerja sama dengan Balai BPOM Pekanbaru untuk mengawasi produsen. mereka akan melakukan monitoring di swalayan hingga pusat perbelanjaan.

Yuk Buat Takjil Sendiri

Nah dengan adanya berita ini, Encik dan Puan diharapkan untuk lebih berhati hati ya dalam memilih takjil di pasar ramadan. Jangan sampai salah pilih makanan atau minuman.

Jika ragu untuk membeli takjil di Pasar Ramadan, Encik dan Puan bisa kok membuat takjil sendiri di rumah. Tentunya dengan bahan-bahan yang sudah terjamin aman untuk dikonsumsi bersama keluarga. Seperti membuat es buah, cendol, gorengan, sop buah dan masih banyak lagi sesuai selera Encik dan Puan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.