Jalan Alternatif Pekanbaru-Sumbar, Hindari Macet Saat Mudik Lebaran

0
1061
Jalan Alternatif Pekanbaru-Sumbar

Jalan alternatif rute Pekanbaru-Sumbar sangat diperlukan ketika sudah masuk musim mudik lebaran. Pasalnya, rute ini sering mengalami kemacetan pada saat lebaran dan juga tahun baru.

Survei Jalur Mudik Lebaran

Diketahui pada Kamis (30/3/2023) Tim dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau telah melakukan survei jalur mudik lebaran untuk rute Pekanbaru-Sumbar.

Dalam melakukan survei jalur mudik pekanbaru-sumbar ini dipimpin oleh Kasat PJR Ditlantas Polda Riau, AKBP Budi Setiawan.

Saat melakukan survei, Kasat PJR Ditlantas Polda Riau, AKBP Budi Setiawan yang bertugas sebagai pemimpin survei jalur mudik lebaran ini. AKBP Budi, mengungkapkan bahwa ada sejumlah beberapa lokasi yang bisa menjadi objek survei.

Lokasi Survei

Lokasi survei di Kota Pekanbaru di antaranya ialah Simpang Tabek Gadang dan Simpang Garuda Sakti.

Selanjutnya di Kabupaten Kampar, di kabupaten ini tim melakukan survei terhadap Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jalan Lintas Kampar, dan jalan alternatif Bangkinang, Kuok serta Rantau Berangin.

Budi juga mengatakan bahwa Tol Pekanbaru-Bangkinang udah bisa dioperasikan saat masa arus mudik dan juga harus balik lebaran.

“Panjang ruas tol 30 kilometer, dimulai dari kilometer 9 di pintu masuk tol Sungai Pinang. U turn berada di kilometer 26 jalur A, jika perlu dilaksanakan contra flow untuk mengurai kemacetan,” ungkap Mantan Kasat Lantas Polresta Pekanbaru.

Ia mengatakan bahwa di Tol Bangkinang mempunyai 4 loket pembayaran di gate Bangkinang. Sebanyak 4 unit mobil derek telah disiagakan, 2 unit mobil patroli PJR, serta 2 unit mobil public address.

Jalur Alternatif Rute Pekanbaru-Sumbar

Ia menjelaskan, bahwa jalur alternatif untuk rute Pekanbaru-Sumbar di antaranya ialah di pintu keluar tol Bangkinang, masuk Jalan KH. M. Nur Mahyuddin, lalu ke Jembatan Pasar kuok, dengan jarak 15 km.

“Atau dari pintu keluar tol Bangkinang masuk Jalan KH. M. Nur Mahyuddin, terus ke pertigaan Rantau Berangin dengan jarak 17 km,” jelasnya.

Tak hanya itu, Kasat PJR Ditlantas Polda Riau sedang menyampaikan terkait titik rawan kemacetan rute Pekanbaru-Sumbar yang sering terjadi dan harus dihindari. Yakni di antaranya di Simpang Garuda Sakti, pintu gate Tol Bangkinang, dan Pasar Kuok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.