Titik Longsor Yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan

27
Titik Longsor Yang Perlu Diwaspadai Saat Musim Hujan

Encik dan puan pada musim hujan ini  sangat berpotensi untuk terjadinya longsor. Ada beberapa Titik longsor yang perlu diwaspadai saat musim hujan saat ini. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau melakukan pendataan terkait titik mana saja berpotensi akan terjadinya longsor  yang cukup berbahaya.

Titik longsor yang perlu diketahui

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau, M Edy Afrizal mengatakan ada beberapa daerah di Riau yang menjadi titik titik longsor dan perlu diwaspadai.

Adapun titik titik yang didata oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau ialah Jalur Lintas Riau – Sumbar – XIII Koto Kampar, Jalur Taluk Kuantan – Perbatasan Sumbar, Jalur Rengat – Tembilahan, Jalan Lintas Perbatasan Riau – Jambi.

Himbauan untuk masyarakat

Edy juga mengatakan untuk masyarakat selalu waspada akan terjadinya longsor pada musim hujan ini.

“Saat ini Riau musim hujan. Sehingga potensi terjadinya bencana tanah longsor semakin mudah terjadi. Terutama di titik-titik rawan bencana longsor yang ada di sejumlah daerah di Riau. Kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada,” pungkas Edy, Selasa (6/12/2022).

Upaya pemerintah untuk mengahadapi becana longsor

Pihak Edy akan melakukan koordinasi dengan Dinas PUPR dan Pemda setempat untuk bersiap siaga jika suatu saat terjadi bencana longsor. Dengan begitu petugas dan alat berat siap turun langsung kepapangan untuk melakukan pembersihan lokasi tempat terjadinya longsor.

Edy juga menghimbau kepada petugas yang berapa di lapangan untuk bersiap siaga menghadapi musim penghujan ini  yang berpotensi banjir serta longsor di Riau.

“Seperti mengamankan barang-barang berharga, kemudian mempersiapkan diri apabila terjadi banjir dengan melakukan evakuasi. Terutama ibu-ibu hamil, balita, lansia, dan orang – orang yang sakit yang berada di Rumah,” pungkas Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau.

Dengan adanya informasi terkait titik-titik yang berpotensi akan terjadinya longsor ini, diharapkan encik dan puan dapat berwaspada ya