Berakhir Tour de Siak Yang Ke-8 Tahun 2022, Intip Keseruannya

40
Berakhir Tour de Siak Yang Ke-8 Tahun 2022, Intip Keseruannya

Encik dan puan, pada Minggu (4/12/2022) berakhir sudah Tour de Siak yang ke-8 tahun 2022.

Tour de Siak kali ini memiliki tiga titik etape yaitu dimulai dari etape I Siak Race dengan pajang rute tempuh  87 km. Kemudian, etape II yaitu Siak – Pekanbaru Race dengan rute sepanjang 135 km, serta yang terakhir ialah etape II Pekanbaru Race sepanjang 119 km.

Tour de Siak sudah terdaftar UCI

Wakil Bupati Siak, Husni Merza mengatakan bahwasanya Tour de Siak ini merupakan event atau kegiatan support tourism yang sudah terdaftar kedalam Union Cycliste Internationale (UCI).

Husni juga mengatakan untuk pertama kalinya Tour de Siak melewati kabupaten ke Kota yang ada di Provinsi Riau, hal tersebut merupakan usulan dari pihaknya. Ada pun yang dilewati oleh perserta ketika mengikuti event ini ialah Istana Siak – Jembatan Siak – Simpang Dayun – Simpang Buatan – Simpang Lago – Simpang Kayu Ara – Kantor Gubernur Riau.

Ada sebanyak 13 tim yang mengikuti event ini, baik tim dalam negri maupun luar negri. Adapun timnya yaitu Anak Brunei Cycling Team, Nusantara Cycling Team, Terengganu Polygon Cycling Team, Roojai Cycling Team, ASC monster, DR. J Cycling Team, Liberta Cycling Team, Singapore National Cycling Team, Go For Gold Philippines, Team Sapura Cycling, Ponti Wijaya Racing, Kelapa Gading Bikers, dan BSP Siak Riau.

Etape I

Pada etape I yang diselenggarakan pada Jumat (2/12/2022) perserta mulai berdatangan dan memadati lokasi mulainya pertandingan yaitu tepat di depan istana siak, kabupaten siak. Pada etape I Siak Race ini peserta akan melewati rute sepanjang 87 km.

Adapun rute yang akan dilalu oleh 13 tim tersebut ialah Istana Siak – Masjid Sultan Syarif Hasyim – Jalan Buatan – Jalan Parit Baru – Pasar Belantik – Jalan Sapta Taruna – Jalan Hangtuah – Jalan Raja Kecik – RSUD Tengku. Total ada lima kali putaran yang dimulai sekitar pukul 14.00 WIB dan finish sekitar 16.00 WIB.

Pembalap sepeda asal Indonesia berhasil membawa dua kategori sekaligus pada etape I ini, yaitu sebagai Best Sprint ditandai mengenakan Green Jersey yang dikenakan oleh Dirlantas Polda Riau,  Kombes Pol Firman Darmansyah. Lalu, Best Time Classification dengan Yellow Jersey yang diberikan langsung oleh Wakil Bupati Siak, Husni Merza.

Etape II

Selanjutnya ialah etape II yang diselenggrakan pada Sabtu (312/2022)pada pukul 11.00 – 14.00 WIB. Pada etape ini peserta melintasi rute sepanjang 135 km. Adapun rutenya ialah BB Istana Siak – Jembatan Siak – Simpang Dayun – Simpang Buatan – Simpang Lago – Simpang Kayu Ara – Kantor Gubernur Riau, event ini.

Pada etape II ini, pembalap Muhsin Al-Misbah dari Sapura Cycle Team melintasi rute dengan cepat.  Mereka berhasil dengan dalam waktu 3 jam 3 menit 36 detik. Muhsin Al-Misbah dari Sapura Cycle Team  juga dinobatkan sebagai Best Riders for General Classification Tour de Siak 2022.

Misba juga menggunakan penghargaannya berupa Jersey yang diberikan langsung oleh Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal.

Berikutnya untuk kategori Best Spirnt tercepat di etape II ini diraih oleh Rahmad Nota Wibisono dari DR. J Cycling Team dengan mendapatkan gelar King of Mountain dan meraih penghargaan yang diberikan secara langsung  Bupati Siak, Alfedri.

Bernard Benjamin dari BSP Siak Riau berhasil mendapatkan penghargaan dan mengumpulan poin terbanyak di Etape I Siak Race serta Etape II Siak-Pekanbaru Race pencatatan waktu tercepat didapatkan.

Bernard berhasil mempertahankan penghargaan ini dengan menggunakan Green Jersey dari di Etape I hingga di Etape II.

Etape III

Berakhir Tour de Siak dengan etape III pada minggu (4/12/2022) dengan panjang rute 199 km telah dilaksanakan dengan rute Kediaman Gubernur Riau – Jalan Jenderal Sudirman – Jembatan Siak – Jalan Limbungan – Pertamina Rumbai – Jalan Yos Sudarso – Palas – Jalan Riau – Jalan Soekarno Hatta – Jalan Arengka – Jalan Arifin Ahmad – Jalan Jenderal Sudirman – Bundaran Tugu Zapin, Kantor Gubernur Riau. etape ini dimulai dengan pukul 11.00 WIB.

Pada etape ini tim dari Singapore National Team  dengan nama Boon berhasil meraih juara 1. Pada saat lap terakhir banyak yang terpukau akan performa dari boon sebab boon yang berada jauh sepanjangn 900 meter lebih dari 61 pembalap lainnya berhasil menang melawan tim lain.

Dalam wawancaranya boon mengatakan pada etape III ini ia banyak menggambil  pelajaran dari etape sebelumnya sehingga ia pada  saat etape III dia dapat melakukan  semaksimal mungkin dan tidak mengulang kesalah yang sama.

“Aku buat banyak kesalahan sehingga aku tidak dapat menang beberapa hari lalu, jadi aku belajar banyak hal dari banyak kesalahan kemarin, untuk dapat menang,” ucapnya, Minggu (4/12/2022).

Ia juga mengatakan bahwa pada etape I Siak Race ia berada di jajaran 12 , kemudian di etape II ia berada di jajaran 10. Dan pada etape terakhir ini ia berhasil menduduki di jajaran 1. boon juga mengutarakan perasaannya bahwa ia sangat senang mengikuti Tour de Siak dan berencana akan mengeikuti lagi tahun depan.

“Aku betul-betul sangat senang,” ujarnya.

“Ini kali pertama aku ikut Siak de Tour, kemungkinan kalau semuanya lancar, tahun depan aku akan kembali ikut event ini,” pungkasnya.

Tutupnya, boon mengucapkan terimakasi kepada penyelenggara dan semua yang terlibat dalam Tour de Siak dan diakhirnya dengan mengucapkan jargoan untuk masyarakat riau yaitu riau bedelau.