Tips Resolusi Tahun Baru ala infoPKU

35
Resolusi Tahun Baru

Berbicara masalah resolusi tahun baru, banyak sekali orang-orang yang memang betul-betul mencatat secara detail apa yang ia inginkan selama setahun kedepan.

Entah itu sekadar menuliskan mimpi, pencapaian, target, dan lain sebagainya ke dalam sebuah kertas.

Kemudian kertas tersebut disimpan baik-baik, ketika berhasil meraih satu impiannya list tersebut akan dicoret.

Waktu memang begitu cepat berlalu, baru saja rasanya pergantian tahun 2019, ternyata telah memasuki awal tahun 2020.

Apa saja yang sudah Encik dan Puan capai di tahun 2019? Lalu bagaimana dengan 2020, melanjutkan mimpi sebelumnya atau berkeinginan dengan hal baru?

Awal tahun menjadi momen pas dalam memasang target selama setahun kedepan. Banyak waktu yang akan dilewati dalam mencapai target tersebut.

Sehingga perlu kiranya mengetahui beberapa cara agar target resolusi tahun baru tersebut bisa tercapai dengan segera.

Berikut ini beberapa tips bagi Encik dan Puan untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memasuki periode tahun 2020:

Jangan lupa menulis target selama satu tahun kedepan

Satu tahun bukan masa yang sebentar ya Encik dan Puan. Maka kita perlu merencanakan apa yang ingin dicapai, dan target apa yang mesti kita raih selama satu tahun kedepan.

Memang, tidak semua apa yang ingin kita raih dapat terealisasi. Namun, alangkah baiknya mempersiapkan segala sesuatu dengan sebaik mungkin.

Kalau list resolusinya tercatat dengan jelas, otomatis akan menjadi spirit bagi kita untuk meraihnya.

Apalagi catatan tersebut terpajang indah di dinding kamar, otomatis setiap masuk kamar hati akan berkata aku harus ini harus itu, demi ini dan demi itu.

Tulis juga langkah apa dalam mewujudkan target tersebut

Setelah Encik dan Puan menulis apa yang ingin dicapai, otomatis memerlukan langkah apa yang harus dilakukan agar tercapai. Tidak mungkinkan pengen ini itu, tapi tidak mempersiapkan langkahnya.

Oleh sebab itu, setiap keinginan harus disertai perjuangan. Mungkin barangkali bagi yang ingin naik pangkat atau jabatan, bisa dengan bekerja dengan rajin dan ikhlas, atau lain sebagainya.

Buatkan plan A, B atau C kalau semisalnya cara tersebut tidak mempan

Nah, pada bagian ini mungkin juga menjadi bagian penting atau tidak penting sih ya. Ada yang merasa dengan satu cara sudah jitu untuk meraih keinginannya, atau bahkan justru sebaliknya.

Bagi yang merasa perlu membuat perencanaan tambahan, boleh juga untuk menuliskan langkah-langkah apa yang akan dilakukan jika cara pertama mengalami kegagalan.

Fokus pada target yang ingin dicapai

Kalau sudah punya target, maka Encik dan Puan harus fokus, tidak boleh gampang goyah dengan masalah lainnya.

Meskipun merasa targetnya terlalu tinggi untuk dicapai, tapi percayalah kalau kita usaha dengan sungguh-sungguh tidak ada yang tidak mungkin.

Jangan ragu dalam berbuat, kalau merasa itu mesti diwujudkan kenapa tidak? Berusaha lebih keras dan ikhtiar mampu mewujudkan semua planning tersebut.

Bertindaklah!

Kalau cuma bermimpi, list ini itu, tapi tidak bergerak sama aja bohong! Makanya mesti bertindak! Sekecil apapun tindakan, setidaknya sudah mulai bergerak dari pada cuma bermimpi saja.

Lakukan apa yang mesti dilakukan, laksanakan strategi yang sudah Encik dan Puan susun untuk meraih apa yang mesti di raih.

Kalau mau bertindak dan bergerak, tidak ada yang mustahil sekalipun banyak mendapatkan cibiran orang lain. Kamu ya kamu, buktikan kalau kamu mampu!

Evaluasi diri

Bagian ini juga tidak kalah penting, bedakan ambisi yang mengarahkan ke arah yang positif dan negatif.

Kalau Encik dan Puan menghalalkan segala cara untuk mencapai target, tapi mengorbankan orang tertentu, itu sama saja dengan ambisi yang berlebihan, tidak baik untuk kedepannya.

Kita juga mesti faham apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam hidup ya Encik dan Puan, perlu sekali bagi kita melihat ke dalam diri.

Melihat perjuangan selama ini baru seberapa dalam mencapai target, apa kendalanya, nanti solusi itu akan muncul dengan sendirinya.

Kalau setiap kita bisa mengevaluasi diri dengan baik, otomatis semua akan berjalan baik-baik saja. Kalaupun ada kendala, hanya sebagai tolak ukur sejauh mana Encik dan Puan mau berjuang.

Semoga langkah-langkah tersebut diatas bisa mengantarkan kita semua pada pencapaian resolusi di tahun 2020 ya Encik dan Puan. Selamat berdamai dengan masa lalu..