Tips Cegah Terpapar Covid-19 Pada Lansia

128
Covid-19 Pada Lansia

Dengan meningkatnya kasus terkonfirmasi Covid-19, perlu adanya tindakan pencegahan. Terutama agar tidak terjadi Covid-19 pada lansia.

Berdasarkan WHO, orang tua atau yang sudah berusia lanjut (lansia) dan anak-anak menjadi kelompok yang sangat rentan terpapar Covid-19.

Apalagi jika disertai dengan gejala penyakit klinis lainnya seperti paru-paru, ginjal, jantung, diabetes, serta penyakit lainnya.

Selain itu menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan geriatri RSPI-Bintaro Jaya Purwita Wijaya Laksmi, yang dilansir di laman CNNIndonesia.com, tips mencegah terpapar Corona adalah “BAHAGIA”.

BAHAGIA merupakan singkatan dari Berat badan dijaga, Atur makanan seimbang, Hindari faktor risiko, Agar tetap berguna kembangkan hobi, Gerak badan teratur, Iman dan takwa ditingkatkan, serta Awasi kesehatan secara periodik.

Namun secara sederhana, ada beberapa tips mencegah terpapar Covid-19 pada lansia yaitu:

Makan makanan yang sehat dan bergizi

Makan makanan yang sehat dan bergizi sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Oleh karena itu, Lansia juga harus diberikan makanan yang sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Olahraga teratur

Selain makan yang sehat dan bergizi, olahraga juga menjadi poin penting untuk sehat apalagi supaya terhindar dari Covid19. Encik dan Puan yang memiliki orang tua yang sudah Lansia, sebaiknya untuk selalu mengingatkan orang tua nya untuk berolahraga dan bergerak, minimal berjalan sekitar pekarangan rumah.

Tidak keluar rumah jika tidak penting

Karena Lansia menjadi kelompok yang rentan terpapar Covid19, Maka sebaiknya tetap di rumah saja. Kalaupun ada keperluan yang ingin dibeli lebih baik untuk meminta tolong kepada anak atau menggunakan jasa ojek online.

Situasi saat ini tidak memungkinkan orang tua untuk berada di luar rumah, apalagi hanya untuk berkumpul bersama sahabat atau orang-orang tertentu.

Menerapkan protokol kesehatan yang ketat

Meskipun hanya tetap di rumah saja, Encik dan Puan Lansia mestinya menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulai dari rajin mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak dengan tamu yang datang ke rumah serta anjuran pemerintah lainnya. Karena kita tidak bisa memastikan apakah virus Corona tidak ada di sekitar Encik dan Puan.

Tetap beraktivitas

Hanya di rumah saja bukan berarti tidak beraktivitas ya Encik dan Puan, justru harus berusaha mencari aktivitas yang bermanfaat dan menjaga mental untuk tidak stres.

Menunda cek-up ke dokter untuk sementara waktu

Jika tidak ada hal yang mendesak, sebaiknya tunda dulu cek-up ke dokter atau ke rumah sakit. Sebisa mungkin sediakan obat-obatan di rumah jika memang dibutuhkan.

Ibadah terus ditingkatkan

Ibadah menjadi bagian penting untuk menjaga diri agar tidak stres, untuk itu Encik dan Puan yang sudah Lansia atau memiliki orang tua yang berusia lanjut mesti mengingatkan orang tuanya untuk meningkatkan ibadah agar hidup menjadi lebih tenang.

Itulah beberapa tips mencegah terpapar Covid19 pada lansia, semoga kita semua bisa terhindar dari pandemi ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ya Encik dan Puan.