Tetap Sehat Saat Puasa, Ini Tipsnya

67
Tetap Sehat Saat Puasa

Menjalani ibadah puasa di masa pandemi bukanlah hal yang mudah. Berikut ini beberapa tips agar tetap sehat saat puasa.

Pastikan Tubuh Tetap Sehat

Selain Encik dan Puan harus kuat menahan haus dan lapar selama kurang lebih 12 jam, perlu juga memastikan tubuh tetap sehat agar terhindar dari virus, penyakit, dan patogen lainnya.

Tips Tetap Sehat saat Puasa
  • Perbanyak minum air putih

Sebagaimana diketahui saat kita berpuasa, tubuh kekurangan cairan dibandingkan sebelumnya. Oleh karenanya, perlu untuk memastikan kita telah mencukupi cairan tubuh saat berbuka hingga sahur.

Untuk menghindari dehidrasi saat sedang puasa, usahakan banyak minum air putih minimal 8 gelas sehari. Adapun dehidrasi ringan sendiri dapat menyebabkan kelelahan, mulut kering, haus, dan sakit kepala.

Agar kebutuhan 8 gelas air per hari terpenuhi pada bulan puasa ini, Encik dan Puan bisa minum dua gelas pada waktu berbuka, dua gelas pada waktu setelah salat tarawih, dua gelas sebelum tidur, lalu dua gelas pada waktu sahur.

  • Makan makanan yang berserat

Mengonsumsi makanan berserat dan tinggi protein dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mengimbangi beberapa efek samping saat puasa, seperti pusing dan lainnya. Sehingga bisa membuat Encik dan Puan tetap sehat dan kuat selama puasa.

  • Jangan banyak makan saat buka puasa

Usahakan berbuka puasa dengan minum air putih, mengonsumsi kurma, dan makanan yang ringan lainnya. Lalu dilanjutkan makan besar usai Salat Magrib. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa mual, kembung, hingga lelah saat makan banyak ketika berbuka puasa.

  • Tetap berolahraga

Meski tengah berpuasa, Encik dan Puan tetap dapat berolahraga. Olahraga merupakan salah satu tips tetap sehat saat berpuasa.

Tapi Encik dan Puan perlu memastikan untuk berolahraga yang ringan-ringan saja. Hal ini guna menghindari rasa lelah dan dehidrasi karena berolahraga.

Ada beberapa olahraga intensitas rendah yang bisa Encik dan Puan lakukan. Diantaranya dengan berjalan kaki, yoga ringan, dan bersepeda santai. Sebaiknya Encik dan Puan berolahraga menjelang berbuka puasa, agar tubuh tidak lelah.

  • Konsumsi Suplemen

Dengan mengonsumsi suplemen seperti vitamin dan lainnya, berguna bagi tubuh untuk menggantikan nutrisi yang hilang saat berpuasa.

Karena selama berpuasa, kita hanya mengonsumsi lebih sedikit kalori. Yang mengakibatkan kebutuhan nutrisi sulit terpenuhi.

Selain itu, dengan mengonsumsi vitamin juga dapat menjaga daya tahan tubuh untuk terhindar dari infeksi, khususnya selama puasa di tengah pandemi COVID-19.