Tetap Berolahraga Saat Puasa, Ini Tips dan Manfaatnya

72
Tetap Berolahraga Saat Puasa

Meski saat ini kita tengah berpuasa, bukan berarti kita tidak bisa berolahraga. Tetap berolahraga saat puasa justru banyak manfaatnya.

Manfaat

Olahraga diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berolahraga dengan rutin tidak hanya membantu mengontrol berat badan, tetapi juga menurunkan resiko penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan kekuatan otot dan tulang, memperlambat penuaan, dan mengurangi stres.

Tips

Berikut ini beberapa tips agar Ncik dan Puan dapat tetap berolahraga saat puasa:

  • Memilih Jenis Olahraga Yang Tepat

Jenis olahraga yang dianjurkan adalah olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang, misalnya berjalan kaki, yoga, atau bersepeda santai.

Olahraga ini dapat dilakukan selama sekitar 30 menit dengan frekuensi 3-5 kali seminggu. Hindari melakukan olahraga berat, seperti lari dan angkat beban. Olahraga berat boleh dilakukan 1-2 jam setelah berbuka puasa.

  • Waktu Olahraga

Waktu terbaik untuk melalukan olahraga ketika puasa adalah setelah berbuka, karena setelah berbuka puasa tubuh mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman.

Namun, ada juga yang beranggapan bahwa waktu terbaik melakukan olahraga adalah pada saat menjelang berbuka puasa. Olahraga sebaiknya dilakukan 30-60 menit menjelang berbuka puasa, karena mendekati waktu makan.

  • Asupan Makan Yang Diperlukan

Memakan makanan yang mengandung indeks glikemik rendah pada saat berbuka puasa bertujuan untuk meningkatkan cadangan karbohidrat.

Sedangkan jika mengonsumsi makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi, maka kadar gula darah akan cepat meningkat tetapi akan cepat habis juga.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa untuk memaksimalkan cadangan glikogen otot.

Kemudian konsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi saat sahur untuk memperlambat pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong.

Ini merupakan strategi untuk mengurangi perasaan cepat lapar selama berpuasa dan juga mempertahankan energi sampai olahraga dimulai.

Makanan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan, daging, dan telur. Protein merupakan zat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan juga sebagai zat pembangun.

Protein membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

  • Banyak Minum Air Putih

Dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga apalagi dilakukan pada saat cuaca panas. Sehingga untuk mencegah hal ini terjadi, asupan cairan ke dalam tubuh harus diperhatikan. Asupan cairan yang disarankan adalah 1,5-2 liter per hari.

Selain itu, juga disarankan untuk membatasi melakukan aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat di siang hari saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi karena cairan tubuh hilang melalui keringat.

  • Perhatikan Waktu Tidur

Untuk menjaga tubuh tetap prima saat puasa, waktu tidur harus cukup. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam per hari. Waktu tidur yang kurang, dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Tidur siang (mungkin) kadang diperlukan untuk mempertahankan kondisi tubuh tetap sehat.