Susi Air Terbangi Pasir Pengaraian-Batam

0
505

CASA_C-212

Salah satu maskapai penerbangan di Indonesia, Susi Air, berencana untuk membuka rute perintis Batam-Pasir Pengaraian pulang pergi dua kali dalam sepekan.

Adapun rute perintis baru yang akan dilayani oleh maskapai Susi Air ini akan menggunakan pesawat kecil tipe Casa C-212 seri 200, yang berkapasitas sekitar 28 kursi.

Kepala Bidang Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Provinsi Riau, Eddy Sukiatnadi, Selasa (19/1) lalu mengatakan bahwa rute ini merupakan pengganti rute Pekanbaru-Pasir Pangaraian yang pulang pergi sekali sepekan di tahun 2015 karena sepi penumpang.

Eddy menjelaskan bahwa dengan dialihkankannya rute perintis tersebut, maka diharapkan mendapat respon positif dari pengguna tranportasi udara. Terlebih jika selama ini warga Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau atau Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau harus lewat Pekanbaru.

Dengan demikian pertumbuhan ekonomi antar dua daerah tersebut cukup potensial untuk terus dikembangkan. Rokan Hulu yang terkenal akan kebun kelapa sawit, kebun karet, penghasil minyak dan gas bumi serta Batam dan sekitarnya terkenal sebagai wilayah kepulauan dengan hasil lautnya.

Selain itu, beberapa daerah di Kepulauan Riau masih memiliki kedekatan sejarah dengan Riau. Bahkan dari faktor kesukuan karena dahulunya merupakan satu provinsi, sehingga otomatis masih erat hubungan antar dua daerah ini.

Provinsi Riau sendiri masih dilirik untuk diterbangi berbagai maskapai penerbangan. Seperti pada tahun 2014, ada empat rute perintis di Riau. Masing-masingnya dengan frekuensi terbang satu kali dalam sepekan, yakni rute Pekanbaru-Dabo Singkep, Pekanbaru-Tanjung Balai Karimun, Pekanbaru-Pasir Pangaraian dan Pekanbaru-Rengat.

Sedangkan pada tahun 2015,  ada empat rute penerbangan perintis seperti Pekanbaru-Dabo Singkep yang terbang tiga kali dalam sepekan, Pekanbaru-Tanjung Balai Karimun dua kali sepekan, Pekanbaru-Pasir Pangaraian dan Pekanbaru-Tembilahan yang masing-masingnya terbang sekali dalam sepekan.

Maskapai Susi Air sendiri secara resmi telah membuka dua penerbangan perintis dari Bandara Internasional Hang Nadim menuju Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau dan ke Bandara Tuanku Tambusai, Pasir Pangaraian, Rokan Hulu, Provinsi Riau pada Senin (18/1) yang lalu.

Kepala Bagian Umum Bandara Internasional Hang Nadim, Suwarso, mengatakan bahwa penerbangan dengan menggunakan pesawat terbang bermesin baling-baling ganda tersebut akan terbang masing-masing setiap Senin dan Jumat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.