50 Unit Bus Hibah Diterima Pemko

0
184
TMP
Bus TMP
TMP
Bus TMP

Kamis (21/1) kemarin, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru secara resmi telah menerima 50 unit bus hibah berukuran besar dari Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI di Jakarta.

Bus hibah ini nantinya akan menjadi armada tambahan Sarana Angkutan Umum (SAUM) Trans Metro Pekanbaru (TMP) yang telah beroperasi saat ini.

Adapun penghibahan bus ini secara simbolis diserahkan oleh Sekjen Perhubungan, Ir Sugihardjo MSi, dan diterima langsung oleh Wali Kota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT, yang didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Pekanbaru, Aripin Harahap.

Selain Kota Pekanbaru, ada beberapa daerah di Indonesia yang juga mendapatkan hibahan serupa dari total 1.240 bus bantuan Kemenhub RI.

Atas hibah bus ini, Wako Pekanbaru mengaku senang. Karena dengan demikian, jumlah SAUM di Pekanbaru pun bertambah. Terlebih lagi bantuan ini tepat di tengah tingginya daftar tunggu bus yang ada.

Wako mengatakan bahwa High Way TMP Kota Pekanbaru masih tinggi, sehingga dengan bertambahnya bus ini diharapkan bisa mempersingkat waktu tunggu penumpang TMP.

50 unit bus hibah ini nantinya akan disebar pada 8 koridor yang ada, diantaranya trayek I Pelita Pantai, Pandau, Pelita Pantai. Rute tersebut melewati Jalan Jenderal Sudirman-Bandar Udara SSK II-Kaharuddin Nasution-Pasir Putih-Perumnas Pandau.

Untuk trayek II Terminal BRPS, Kulim PP Terminal BRPS. Rute tersebut melewati Jalan Tuanku Tambusai-Jendral Sudirman (U-Turn RRI)-Jendral Sudirman-Imam Munandar-Kulim Atas.

Trayek III adalah dari Kampus UIN, Purna MTQ, Kampus UIN, di mana trayek ini melewati Jalan HR Subrantas-UR-SM Amin (U-Turn SPBU)-HR Subrantas-Sukarno Hatta-Tuanku Tambusai-Jendral Sudirman (U Turn Fly Over Imam Munandar)-Purna MTQ.

Sedangkan untuk lima rute lainnya serta untuk trayek Pekanbaru-Kampar (Koridor Aglomerasi) yang akan direncanakan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru akan dibahas setelah 50 bus itu diterima. Setelah serah terima, masih harus dilakukan pengurusan proses pengiriman dari Jakarta.

Kepala Dishukominfo Kota Pekanbaru, Arifin Harahap, mengatakan bahwa pihaknya akan segera melakukan pengurusan pengangkutan bus ke kota Pekanbaru. Pada bulan Februari mendatang, bus hibah tersebut sudah sampai di kota Pekanbaru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.