Singkatan Daerah di Riau, Ini Kepanjangannya

0
2253
Singkatan Daerah di Riau

Tahukah Encik dan Puan, ternyata ada beberapa daerah di Provinsi Riau berasal dari singkatan nama daerah, bukan nama aslinya.

Mengenal Provinsi Riau

riau

Provinsi Riau merupakan provinsi yang cukup padat penduduknya, memiliki luas wilayah 87.023,66km2 dengan jumlah penduduk lebih kurang 6.735.329 (data BPS) jiwa.

Riau sendiri memiliki 10 kabupaten dan 2 kota. Untuk kota sendiri adalah Kota Pekanbaru dan Dumai. Sedangkan kabupaten, ada kabupaten Kampar, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuansing, Rokan Hulu, Rokan Hilir, dan Bengkalis.

Daerah yang Berasal dari Singkatan

Lalu dimanakah daerah di Riau yang berasal dari singkatan nama daerah, berikut penjabarannya:

Bengkalis

Siapa sangka, ternyata Kabupaten Bengkalis merupakan daerah yang berasal dari singkatan nama daerah. Bengkalis berasal dari kata ‘mengkal’ yang berarti sedih dan ‘kalis’ yang memiliki arti tabah. Oleh sebab itu, awalnya Bengkalis berasal dari kata ‘mengkalis’ dan saat ini bergeser menjadi Bengkalis.

Dumai

Nama daerah selanjutnya yang berasal dari singkatan nama adalah Kota Dumai. Ternyata, dulunya nama kota Dumai bersumber dari cerita rakyat yang menghasilkan kata ‘lubuk’ dan ‘umai’. Istilah tersebut merujuk pada penyebutan hewan yang mirip dengan landak. Namun akhirnya kata itu disingkat menjadi kata Dumai.

Inhu

Kabupaten yang terkenal karena merupakan daerah asal gelar nama Raja di Riau ini juga berasal dari singkatan. Yakni, Indragiri Hulu yang disingkat menjadi Inhu. Kabupaten Inhu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau yang masih didiami komunitas suku terasing, yaitu suku Talang Mamak. Yang merupakan salah satu suku asli di Riau.

Inhil

Dikenal karena hamparan kelapanya, kabupaten Inhil merupakan sentra kebun kelapa paling luas di Indonesia. Dijuluki Negeri Seribut Parit, kabupaten ini memiliki kemiripan singkatan dengan kabupaten tetangganya, Inhu. Bedanya, kabupaten ini kepanjangannya adalah Indragiri Hilir.

Rohil

Memiliki nama panjang Rokan Hilir, kabupaten ini dikenal dengan salah satu event pariwisatanya. Yakni tradisi Bakar Tongkang yang telah go international.  Tradisi ini adalah simbol persembahan untuk dewa yang dipercaya memberikan kehidupan yang lebih baik di tahun berikutnya.

Rohul

Daerah yang berasal dari singkatan nama lainnya adalah Kabupaten Rokan Hulu atau Rohul. Singkatan itu sering diucapkan oleh masyarakat dan pemerintah setempat, sehingga sangat familiar. Rohul terkenal sebagai Negeri Seribu Suluk, yang terkenal taat Islam. Dimana di daerah ini terdapat Masjid Agung Madani Nasional Islamic Centre (MAMIC). Selain itu Tuanku Tambusai menjadi salah satu tokoh pahlawan nasional asal Riau.

Meranti

Mungkin banyak yang tidak tahu jika Meranti adalah salah satu daerah yang berasal dari singkatan nama daerah. Meranti terdiri dari beberapa pulau, yaitu Pulau Merbau, Pulau Rangsang, dan Pulau Tebing Tinggi, lalu disingkat menjadi Meranti. Itulah asal usul nama daerah Meranti hingga akhirnya menjadi Kabupaten Kepulauan Meranti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.