Sering Rebahan Bikin Lemas? Ini Penjelasannya

0
531
Sering Rebahan Bikin Lemas

Encik Puan ada yang sukanya rebahan aja kalau di rumah? Tahukah Encik dan Puan, jika sering rebahan bisa bikin kita lemas?

Bagi sebagain kita memang rebahan adalah kegiatan sehari-hari. Pernahkah merasakan badan malah tambah pegal-pegal dan lelah, padahal cuma rebahan seharian? Kenapa ya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Rebahan

Berdasarkan KBBI, rebahan berasal dari kata rebah. Yang artinya adalah bergerak berdiri ke posisi jatuh dan terbaring (seperti orang, pohon); terletak berbaring; roboh; tumbang.

Sedangkan rebahan mengandung makna tempat berbaring; pembaringan atau disimpulkan sebagai aktivitas yang dilakukan dengan hanya berbaring saja. Istilah ini populer sejak tahun 2020 lalu, tepat saat adanya pandemi covid-19. Penyebabnya tentu saja larangan untuk beraktivitas di luar rumah.

Dampak Negatif Rebahan

Walaupun rebahan tampaknya sederhana, namun kebiasaan ini ternyata berbahaya loh jika dilakukan terlalu lama.

Dilansir dari Kompas.com rebahan dapat berakibat pada terganggunya neuron otak, otot kaki dan bokong menjadi lemah dan mengecil, gangguan pencernaan, masalah pada sendi pinggul, postur tubuh menjadi buruk, kecemasan dan depresi hingga beresiko penyakit jantung dan diabetes.

Rebahan Malah Buat Lelah

Sering rebahan badan kok malah bikin lelah dan lemas ya?

Dikutip dari cantik.tempo.com, seseorang yang sering rebahan dalam posisi yang sama dalam waktu lama, maka kemampuannya untuk mengambil oksigen jadi berkurang sehingga menyebabkan berkurangnya tingkat energi dan motivasi.

Lebih lanjut, apabila terus dilakukan berulang tubuh akan kekurangan oksigen sehingga bisa meningkatkan rasa lelah.

Selain itu posisi rebahan yang ‘buat nyaman’ ternyata kebanyakan memiliki postur buruk untuk tubuh kita sehingga otot-otot di tubuh harus bekerja lebih ekstra untuk menopang massa tubuh.

Manfaat Rebahan

Jika dilakukan secara tepat dalam jangka waktu yang pas ternyata rebahan bisa punya manfaat yang baik loh. Seperti mengembalikan energi setelah seharian beraktivitas, membantu memunculkan ide kreatif, memahami diri sendiri, menghemat uang dan mencegah stres.

Nah itu tadi penjelasan mengapa sering rebahan terlalu lama bisa bikin badan kita menjadi lemas dan lelah. Semoga bermanfaat untuk kita semua!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.