Sebaran Covid Riau Hari Ini Capai 67.488 Kasus

263
Sebaran Covid Riau Hari

Sebaran Covid Riau Hari Ini (Sabtu, 19/6/2021) bertambah sebanyak 284 kasus, 385 pasien yang telah sembuh, dan 9 pasien yang meninggal dunia. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid dari 67.204 kasus menjadi 67.488 kasus.

Dari sebaran Covid Riau Hari Ini, sebanyak 62.332 pasien positif Covid-19 Riau yang telah sembuh dan pulang. 562 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit, 2.771 orang isolasi mandiri, serta 1.823 pasien yang telah meninggal.

corona riau

Daerah Sebaran Kasus Positif

Adapun daerah sebaran kasus positif COVID-19 di provinsi Riau yaitu, Pekanbaru tercatat 95 kasus, Bengkalis 10 kasus, Indragiri Hilir 11 Kasus, Indragiri Hulu 21 kasus, Kampar 36 kasus, dan Kepulauan Meranti 0 kasus.

Kemudian, Dumai 20 kasus, Kuantan Singingi 25 kasus, Pelalawan 9 kasus, Rokan Hilir 8 kasus, Rokan Hulu 10 kasus, Siak 21 kasus, dan Luar provinsi Riau tercatat 9 kasus.

Jumlah Suspek

Untuk jumlah suspek di Riau sebanyak 96.376 orang. Suspek yang isolasi di rumah sakit berjumlah 136 pasien, suspek yang telah selesai isolasi berjumlah 91.867 orang, dan suspek yang isolasi mandiri sebanyak 4.062 orang. Sedangkan suspek yang meninggal dunia berjumlah 311 orang.

Jumlah Spesimen

Sementara spesimen di Riau yang diperiksa sebanyak 1.134 spesimen, serta jumlah orang yang telah diperiksa 1.041 orang. Sehingga saat ini total spesimen swab yang telah diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad mencapai 359.224 sampel.

Kasus Positif COVID-19 di Riau Menurun

Kasus pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau, mulai mengalami penurunan dalam satu minggu ini. Namun, penurunan kasus ini lantaran karena sample swab yang masuk juga mengalami penurunan, apabila dibandingkan dengan kasus yang terjadi selama bulan Mei lalu.

Masyarakat Diminta tetap Waspada

Juru bicara penanganan COVID-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, walaupun kasus positif COVID-19 di Riau menurun, masyarakat harus tetap waspada dan tetap menerapkan protokol kesehatan, selama masih terdapat kasus COVID-19.

Mutasi Virus B117 di Riau Belum Ditemukan

Mutasi virus corona B117 hingga saat ini belum ditemukan di Riau. Sebelumnya virus ini sempat ditemukan pada kapten kapal asal India yang sempat berlabuh di Dumai.

Sejumlah petugas di pelabuhan dan dokter yang menangani pasien ini pun belakangan juga dinyatakan positif Covid-19.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan di Whole Genome Sequencing (WGS) Litbangkes Jakarta para petugas dan dokter yang kontak erat dengan kapten kapal asal India tersebut negatif virus B117. Meskipun mereka dinyatakan positif Covid-19.

Sejauh ini mutasi virus B117 di Riau baru ditemukan di kapten kapal asal India tersebut saja. Saat ini kapten kapal tersebut sudah sembuh dan sudah kembali ke negara asalnya.

Alami Gejala Ini, Pasien Isolasi Mandiri COVID-19 Harus Segera Dirawat di Rumah Sakit

Lebih lanjut dr Yovi mengungkapkan, jika mengalami beberapa gejala di bawah ini untuk segera dirawat di rumah sakit.

Adapun beberapa gejalanya ialah, demam berkepanjangan meski sudah diberi obat. Kemudian batuk yang terus-menerus meski sudah minum obat.

Gejala selanjutnya yang membuat pasien COVID-19 tidak bisa isolasi mandiri di rumah yakni sesak nafas. Yang ditandai dengan dada terasa berat saat menarik dan melepas nafas.

“Kalau sudah ada beberapa gejala di atas, berarti harus segera melakukan perawatan di rumah sakit. Tidak bisa isolasi mandiri lagi,” ujarnya.