Dokter On Call Pekanbaru Tetap Melayani Libur Lebaran

0
199
Dokter On Call Pekanbaru

Layanan Dokter On Call tetap melayani masyarakat Kota Pekanbaru selama hari libur atau masa cuti lebaran 2023. Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (18/4/2023).

“Meskipun cuti lebaran, layanan Dokter On Call akan tetap beroperasi. 24 jam sehari, kita tetap siap,” ungkapnya.

Mengenal Layanan Dokter On Call

Sebagai informasi, Layanan Dokter On Call ini merupakan program kesehatan yang dimiliki oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Yakni Program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat atau yang disingkat dengan Kurma Manis.

Adapun layanan kesehatan bagi masyarakat Pekanbaru ini bersinergi dengan semua Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Juga tengah dalam koordinasi dengan semua rumah sakit di Pekanbaru.

Layanan ini sendiri hanya diperuntukkan bagi warga Pekanbaru yang sulit mencapai fasilitas kesehatan, baik bagi warga tidak mampu maupun warga mampu. Karena hal ini bisa saja terjadi saat dalam kondisi tertentu.

“Kita upayakan akan diproses dalam 30 menit dan tidak dipungut biaya,” jelas Zaini.

Faskes Tidak Libur
Zaini menambahkan bahwa selama libur hari raya tersebut, tidak ada fasilitas kesehatan (faskes) seperti Puskesmas dan rumah sakit yang tutup. Dengan demikian layanan kesehatan bisa tetap berjalan seperti biasanya untuk melayani warga Kota Pekanbaru.

Call Center

Selain itu ia juga mengimbau warga Kota Pekanbaru untuk tidak perlu sungkan jika membutuhkan layanan. Caranya cukup dengan menghubungi nomor telepon berbayar di nomor 0851-0731-1234 atau melalui emergency call di nomor 112.

Dijelaskanya, layanan Dokter On Call ini siap datang langsung ke rumah pasien. Jika bisa diobati di tempat, maka akan langsung diobati. Akan tetapi jika tidak bisa, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit.

“Layanan Dokter on call ini tidak dipungut biaya, sedangkan untuk pengobatan bisa dibayar melalui BPJS,” pungkas Zaini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.