9 Landmark Kota Pekanbaru

1066
Landmark Kota Pekanbaru

Landmark Kota Pekanbaru menjadi salah satu ciri khas yang menarik untuk dikunjungi oleh para pelancong yang berkunjung ke kota ini. Tanpa disadari, landmark ini menjadi ikonik dan menjadi ciri khas dari Kota Pekanbaru.

Meskipun Pekanbaru bukan merupakan kota wisata alam, namun Kota Madani ini juga terkenal dengan wisata sejarah dan landmarknya yang berada di pusat kota.

Berikut ini 9 Landmark Kota Pekanbaru:

Perpustakaan Soeman HS

Perpustakaan Soeman HS
Perpustakaan Soeman HS terletak di Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di samping kantor Gubernur Riau. Bangunan ini menyerupai buku yang terbuka dan memiliki pilar-pilar menarik dan sangat unik dan ada juga yang bilang kalau perpustakaan tersebut mirip dengan alas membaca alquran.

Tugu Selais Tiga Sepadan

Tugu SelaisTugu ini berbentuk tiga ekor ikan selais seperti berpelukan yang terletak persis di halaman Kantor Wali Kota Pekanbaru Jalan Jenderal Sudirman atau Mall Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru saat ini.

Tugu ini melambangkan karakter masyarakat Riau yang hidup dalam kerukunan dan kedamaian seprti berkasih sayang dalam pergaulan.

Masjid Raya Annur

Masjid Raya AnnurMasjid ini menjadi kebanggaan masyarakat Riau khususnya kota Pekanbaru, karena bangunannya yang megah seperti gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab dan India. Masjid yang mulai dibangun pada tahun 1963 dan selesai pada tahun 1968 ini terletak di depan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau atau Jalan Hangtuah Pekanbaru.

Jembatan Siak IV 

Jembatan Siak IV
Jembatan yang bernama Jembatan Abdul Jalil Alimuddin Syah ini memiliki bentuk yang unik dan menarik. Bahkan banyak dijadikan masyarakat Pekanbaru sebagai spot foto dan bahkan tempat gowes. Jembatan Siak IV ini menghubungkan antara pusat kota Pekanbaru di Jalan Jenderal Sudirman ujung dengan Kecamatan Rumbai Pesisir.

Tugu Zapin

Tugu ZapinTugu ini berada di depan Kantor Gubernur Riau. Bentuk tugu ini menyerupai perempuan dan laki-laki yang sedang menari zapin tarian khas Melayu Riau. Tugu Zapin menggantikan Tugu Pesawat yang dulunya menjadi salah satu Landmark Pekanbaru.

Menara Lancang Kuning

Rumah Singgah Tuan KadiGedung menara lancang kuning ini berada di kompleks perkantoran Gubernur Riau. Terdiri dari sembilan lantai yang diisi oleh Dinas-Dinas di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Anjungan Seni Idrus Tintin

Idrus TintinSebuah bangunan untuk pergelaran seni dan budaya di kota Pekanbaru, bangunannya menyerupai bangunan melayu kental beserta corak-coraknya. Anjungan Seni Idrus Tintin ini terletak di kawasan Bandar Serai Raja Ali Haji atau lapangan Purna MTQ yang terletak di Jalan Sudirman Pekanbaru.

Stadion Utama Riau

Stadion Utama Riau
Stadion yang dibangun untuk pelaksanaan PON XVIII yang mana Riau menjadi Tuan Rumahnya pada tahun 2012 silam. Saat ini Stadion Utama Riau digunakan sebagai pusat kegiatan olahraga.

Rumah Singgah Tuan Kadi

Rumah Singgah Tuan KadiSalah satu cagar budaya yang terletak di tepi Sungai Siak ini adalah rumah milik Tuan Kadhi Kerajaan Siak, H. Zakaria. Dulunya rumah ini berfungsi sebagai tempat persinggahan bagi Sultan Siak Sri Indrapura apabila beliau berkunjung ke Senapelan (Pekanbaru).

Itulah beberapa landmark kota Pekanbaru yang memiliki keindahan tersendiri, Encik dan Puan sendiri bagaimana tanggapannya terkait landmark tersebut? Sudah berapa lama tidak berkunjung ke tempat-tempat tersebut?

Semoga keindahan kota Pekanbaru dapat terus diperhatikan pemerintah ya Encik dan Puan, sehingga menjadikan Pekanbaru kota yang indah, nyaman dan aman.