Pungutan di Sekolah Pekanbaru, Bisa Dilaporkan

0
162
Pungutan di Sekolah Pekanbaru

Saat ini sekolah di Pekanbaru tidak bisa begitu saja membebankan biaya atau pungutan begitu saja kepada siswanya. Untuk diketahui, pungutan di sekolah yang tidak jelas tersebut dapat digolongkan sebagai tindakan ilegal atau pungutan liar (pungli).

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Senin (11/9/2023). Ia mengatakan bahwa jika tidak ada kejelasan terkait peruntukan pungutan di sekolah tersebut, maka orang tua siswa dapat melaporkannya.

Diperbolehkan Asal

Menurutnya, sumbangan orang tua kepada sekolah sebenarnya diperbolehkan. Namun sumbangan ini harus dibicarakan terlebih dahulu agar dapat disepakati dengan para orang tua seluruh siswa.

Ia menekankan, biaya sekolah harus disebutkan dengan jelas. Jika tidak ada kejelasan, tentunya orang tua akan bertanya-tanya mengenai pungutan tersebut. Pungutan ini juga harus mempunyai status yang jelas, karena dapat berupa iuran atau sumbangan.

“Saat ini hanya sumbangan yang diizinkan, jadi sekolah harus memastikan status pungutan tersebut,” ujar Jamal.

Ruang Komunikasi

Lebih lanjut ia menambahkan, saat ini sudah ada sekolah ramah keluarga. Yang mana sekolah menyediakan ruang komunikasi dengan orang tua siswa, jika harus membayar pungutan di sekolah.

Jamal memberikan jaminan bagi orang tua serta siswa yang melaporkan dugaan pungli di sekolah tersebut akan mendapat perlindungan. Para orang tua dan siswa dapat melaporkannya, jika ada pungutan yang tidak masuk akal ataupun nyeleneh.

“Mereka bisa menolak jika merasa keberatan membayar pungutan di sekolah,” terangnya.

Selain itu, setiap laporan dari orang tua maupun siswa terkait pungutan di sekolah bakal ditindaklanjuti oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru. Diterangkannya bahwa jika besaran biayanya tidak jelas untuk apa, maka hal itu termasuk pungli.

“Bisa dikomunikasi dengan komite sekolah ataupun ke Disdik, kalau pungutannya tidak jelas,” tutup Jamal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.