PT Bio Cycle Indo & IPB Kembangkan Alternatif Pakan Hewan

214
PT Bio Cycle Indo

PT Bio Cycle Indo merupakan perusahaan produksi Black Soldier Fly (BSF) terbesar di Asia Tenggara dikunjungi Institut Pertanian Bogor (IPB), Jumat (21/10/2022).

Sebagai informasi, PT Bio Cycle Indo ini lokasinya berada di Desa Sei Putih, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar.

Tidak hanya sekadar kunjungan kerja semata, namun kedua pihak juga akan mengadakan Webinar Nasional dengan lebih dari 250 peserta yang terdaftar.

Produksi Milk Replacer

Di dalam kunjungan dan kerja sama ini, pihak IPB melakukan produksi Milk Replacer yang diproduksi oleh PT Bio Cycle Indo. Milk Replacer ini berasal dari bahan baku utama yaitu BSF atau yang lebih dikenal dengan Maggot.

Maggot ini kemudian dikembangbiakkan dan menghasilkan berbagai macam hasil produksi yang sudah diekspor hingga ke luar negeri. Produk yang dihasilkan ialah pakan hewan berupa suplemen untuk hewan peliharaan seperti anjing, kucing, ayam, burung, dan sebagainya.

Selain itu juga ada produk Milk Replacer yang berfungsi sebagai pengganti susu sapi untuk hewan peliharaan. Produk Milk Replacer yang baru dikembangkan ini juga diharapkan mampu bersaing dengan produk lainnya.

Inovasi Black Soldier Fly

Guru besar Fakultas Peternakan IPB Prof. Dr. Ir. Dewi Apri, M.S mengatakan, inovasi BSF ini akan sangat berpengaruh dan menjadi salah satu alternatif terbaik pakan hewan untuk masa depan nantinya.

Dewi mengungkapkan, BSF kini menjadi pakan hewan peliharaan yang sedang dikembangkan dan dilirik oleh banyak pihak. Ke depannya, pihaknya berharap BSF mampu menjadi salah satu alternatif pada suplemen hewan peliharaan.

“Apalagi BSF atau Maggot ini dipercaya mampu membuat perkembangan yang ramah lingkungan,” ujarnya.

Pengelolaan Sampah Organik

Kini, PT Bio Cycle Indo juga berkembang dalam hal pengelolaan sampah organik. Permasalahan sampah yang menjadi salah satu masalah terbesar di tiap kota/kabupaten. PT Bio Cycle Indo siap menjadi pelopor ‘Waste Management‘ dengan tetap menjadikan BSF sebagai objek utamanya.

Hal ini juga diungkapkan tim Produksi BSF di PT Bio Cye Indo Rio Dewantoro, saat ini sudah banyak yang mulai beralih untuk menggunakan tambahan pakan hewan dengan olahan BSF ini.

Kandungan protein yang terdapat di olahan BSF menjadi salah satu kunci utama dalam pemberian pakan hewan kesayangan.

“Inilah yang menjadi semangat dan tantangan kami untuk terus mengembangkan budidaya BSF atau Maggot agar menjadi pilihan utama dalam memberikan pakan hewan ternak dan hewan peliharaan,” tutupnya.