Bundaran Tugu Songket Macet, Ini Kata Dishub Pekanbaru

0
318
Bundaran Tugu Songket Macet

Bundaran Tugu Songket masih mengalami macet di jam-jam pulang kantor. Namun hingga saat ini belum ada rencana dilakukannya pemasangan lampu lalu lintas di Bundaran Tugu Songket oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru.

Sebab Terjadinya Kemacetan

Adapun macet yang terjadi di bundaran Tugu Songket tersebut dikarenakan banyaknya kendaraan barang yang melintasi area tersebut. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Dishub Kota Pekanbaru Yuliarso, Selasa (16/5/2023).

Yuliarso mengatakan bahwa lokasi Bundaran Tugu Songket dijadikan titik untuk mengatur lalu lintas. Namun karena adanya kendaraan barang melintas, sehingga mengakibatkan kemacetan di kawasan tersebut.

Selain itu kemacetan juga disebabkan oleh peningkatan arus lalu lintas. Dimana pada titik tersebut, perilaku pengendara yang kurang empati serta kepadatannya masih tentatif.

Truk angkutan barang yang melintasi kawasan tersebut mengakibatkan kemacetan. Sehingga Dishub Kota Pekanbaru kemudian melakukan rekayasa lalu lintas dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kemacetan akibat angkutan barang seperti truk tersebut.

Yuliarso juga menyampaikan bahwa Surat Keputusan (SK) Wali Kota Pekanbaru terkait pengaturan lalu lintas angkutan barang sudah keluar.

Truk Tidak Boleh Melintas Pada Jam Ini

Ia menegaskan bahwa truk tidak diperbolehkan untuk melintasi sekitaran bundaran Tugu Songket dari pukul 05.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Sementara untuk jalur truk sendiri, lanjutnya, telah disediakan Dishub Kota Pekanbaru di Jalan Air Hitam hingga Jalan Siak II. Jalur tersebut dapat dilintasi tanpa batas waktu.

“Makanya truk sepanjang jadwal itu bisa lewat ke arah Jalan Air Hitam,” ujar Yuliarso.

Belum Ada Rencana Pemasangan

Menurutnya, hingga saat ini belum ada rencana untuk pemasangan lampu lalu lintas dan mengatakan bahwa kemacetan di kawasan tersebut dapat diatasi dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

“Apalagi faktor utama kemacetan di sana karena truk angkutan barang, terutama pada jam sibuk saat pagi dan pulang kantor,” ujar Yuliarso.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.