Pohon di Sudirman Pekanbaru Akan Dipindah, Tunggu Instruksi Pemprov

0
180
72 Pohon Di Sudirman

Sebanyak 72 pohon pelindung terkena dampak dari proyek pelebaran di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru. Adapun saat ini Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) Riau terkait hal tersebut.

72 Pohon Akan Dibongkar

Kepala Bidang (Kabid) Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Langgeng mengungkapkan bahwa akan dilakukan pembongkaran terhadap pohon besar sebanyak 72 pohon yang tumbuh di sepanjang trotoar Jalan Sudirman.

Ia juga mengatakan bahwa teknis untuk memindahkan pohon tersebut tidaklah mudah, mengingat pohon yang berada di trotoar jalan tersebut sangat lah besar dan subur. Serta untuk mencabut pohon di atas trotoar jalan tersebut tidak bisa menggunakan alat biasa.

”Itu pembongkaran pohon pakai alat khusus, atau semacam alat berat seperti itu sepertinya. Namun teknis kapan dimulai ya masih koordinasi dengan pihak Pemprov Riau. Mereka belum ada informasi terbaru ke kami,” ujarnya.

Lokasi Pemindahan Belum Dapat Diketahui

Langgeng mengakui dirinya belum mengetahui pasti kemana pohon-pohon tersebut akan dipindahkan.

”Dipindah ke mana pohon-pohon itu nantinya belum pasti. Yang penting pohon akan ditanam kembali, tidak dibuang begitu saja,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Kawasan Pemukiman Pertanahan (PUPR PKPP) Riau Arief Setiawan mengatakan bahwa proses pelebaran jalan tersebut tidak akan sampai menebang atau memotong pohon yang ada di sepanjang jalan.

”Jadi pelebaran jalan nantinya tidak ada pohon yang ditebang. Karena saat ini kami punya program Riau Hijau, sehingga pohon yang ada akan tetap dijaga,” pungkas Arief.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.