Peringatan HANI 2021, Momentum Untuk Tidak Gunakan Narkoba

13
Peringatan HANI 2021

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau Brigjen Pol Kenedy mengungkapkan bahwa Peringatan HANI 2021 menjadi momen untuk kita agar tidak menggunakan narkoba.

Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2021 di Riau sendiri digelar di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (28/6/2021).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Adapun tema HANI 2021 kali ini adalah “War On Drugs”. Yakni melawan narkoba menuju Indonesia Bersinar (Bersih dari Narkoba) dengan harapan bersama melawan gelap peredaran narkoba di seluruh Indonesia.

3 Upaya Memberantas Narkoba

Dalam kesempatan itu, Kepala BNNP Riau Brigjen Pol Kenedy mengatakan ada 3 upaya yang dilakukan sebagai upaya melawan gelap peredaran narkoba BNN.

Pertama, soft power approach. Yakni melakukan pendekatan terhadap masyarakat supaya masyarakat bisa membentengi diri dengan menolak masuk narkoba di daerahnya. Selain itu juga melakukan rehabilitasi secara medis maupun secara sosial agar tidak menggunakan narkoba lagi.

Kedua, hard power approach. Yakni melakukan pendekatan secara penegakan hukum bersama kepolisian dan TNI untuk memberantas pengedar dan pemasok narkoba ke Riau.

Ketiga, smart power approach. Yakni dengan melakukan pendekatan secara kekinian melalui media sosial. Dengan menggelorakan kepada generasi milineal agar tidak terpengaruh oleh narkoba.

Pemprov Riau Siap Dukung Perang Lawan Narkoba

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menegaskan bahwa pihaknya siap bersama BNN mendukung perang melawan narkoba. Ia berharap, dengan demikian maka Provinsi Riau dapat terhindar dari Narkoba.

Diungkapkan Gubri, pihaknya mengadakan kerjasama dengan BNN dalam rangka untuk mendeteksi peredaran narkoba bersama dengan pihak aparat.

Meski saat ini tengah berada dalam kondisi pandemi Covid-19, pihaknya memastikan akan terus melakukan kerja sama tersebut dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Gerakan Desa Bersinar

Dalam peringatan HANI 2021 kali ini, terungkap bahwa adanya Gerakan Desa Bersinar. Yakni, sebuah gerakan menuju Indonesia bersinar atau Indonesia bersih narkoba.

Sebagaimana diketahui, Riau secara geografis sangat dekat dengan semenanjung Malaka. Sehingga banyak narkoba terutama jenis sabu yang masuk ke Indonesia melalui beberapa daerah pesisir di Provinsi Riau.

Oleh karenanya, Gubri berharap dengan masuknya program ini ke desa-desa di Riau dapat mewujudkan Riau Bersinar dan menuju Indonesia Bersinar.

“Berkat kesigapan dan kerja sama yang baik dari BNN bersama Polri termasuk TNI Angkatan Laut, serta Bea Cukai, kita sudah melihat banyak penangkapan terhadap narkoba yang ada di Provinsi Riau,” pungkas Gubri.