Kenali Potensi Introvert dan Kendalanya

69
Kenali Potensi Introvert

Seringkali orang salah persepsi terkait introvert. Melalui webinar, Forum Kelas Kominfo Riau mengajak kita untuk Kenali Potensi Introvert dan Kendalanya.

Webinar dengan tema “Kenali si Introvert dengan Ragam Potensi dan Kendalanya” ini digelar Minggu (20/6/2021), menghadirkan pemateri dari berbagai kalangan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_)

Sering Disalahkan Artikan

Ketua Forum Pengembangan Komunikasi Informasi dan Edukasi Generasi Muda Riau (FPKIEGR), Elmi Gurita mengatakan, selama ini banyak pemikiran yang salah di masyarakat terkait kepribadian introvert ini.

Untuk itu pihaknya ingin meluruskan persepsi salah ini melalui webinar tersebut dengan materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Ia berharap pemahaman para guru, orang tua, dan generasi muda Riau tidak lagi menganggap anak introvert merupakan orang-orang anti sosial dan tidak mau bergaul.

“Tipe kepribadian inikan bermacam-macam salah satunya introvert, agar tidak terjadi salah mengartikan dan menanggapi tipe kepribadian maka kita adakan webinar ini,” sebutnya.

Membahas Segala Hal Mengenai Introvert

Ia menjelaskan, dalam webinar ini, semua ragam terkait introvert ini dibahas secara detail. Mulai dari ciri-ciri kepribadian introvert, bagaimana cara mengetahuinya serta bagaimana cara menghadapinya, sehingga betul-betul dapat dipahami oleh masyarakat luas.

Untuk itu ia berharap, jika nantinya di kehidupan sehari-hari menemukan tipe kepribadian ini, baik guru, orang tua maupun orang-orang lainnya tidak lagi kaget dan tidak menganggap kalau hal itu salah.

“Harapannya, kita nanti ke depan tidak salah perlakuan kepada masing-masing kepribadian dan khususnya peserta didik kita dan anak-anak muda kita,” ujarnya.

Mengenal Introvert

Pemerhati anak Riau, Risdayanti menambahkan bahwa orang introvert memiliki kepribadian yang tidak suka berkumpul, ditempat keramaian dan sejenisnya. Orang introvert akan kehabisan energi berada di keramaian yang menyebabkan ia terkesan pendiam. Orang introvert juga merupakan tipe pemikir, tidak terburu-buru mengambil keputusan dan bisanya juga segala sesuatu di analisanya dengan baik.

Potensi Introvert

Risdayanti menuturkan, orang introvert juga merupakan orang cerdas apabila didukung oleh lingkungan yang baik. Bahkan orang-orang introvert rata-rata memiliki keahlian pemikir dan biasanya bergelut di bidang kepenulisan, programmer, dan lainnya.

“Biasanya orang introvert ini kalau berteman satu ya satu aja, karena tidak perlu lagi energinya terkuras. Kalau bakatnya disalurkan dengan baik, biasanya anak-anak ini pintar,” tutupnya.