Perempuan Muda Berjasa di Pelosok Sumbar, Ini Sosoknya

0
120
Perempuan Muda Berjasa

Ungkapan yang muda yang berkarya tampaknya cocok disematkan kepada Hardinisa Syamitri atau yang akrab disapa Icha.

Perempuan muda yang satu ini membawa kisah inspiratif dari pelosok Sumatera Barat. Semangatnya sebagai salah satu anak bangsa patut diacungi jempol, sebab perjuangannya tak main-main.

Di usia mudanya sebagai seorang Bidan di Desa Jorong Luak Bega, Talang Anau, Kecamatan Gunung Omeh, Sumatera Barat, Icha membuka mata dan hati semua orang.

Ia menjadi tenaga kesehatan pertama setelah tiga tahun lamanya kosong di desa itu. Bukan hanya bertarung dengan waktu dan tenaga, Ica juga harus berjuang untuk mendapatkan kepercayaan desa terpelosok di Sumatera Barat itu.

Bukan hal yang mudah untuk mengubah stigma penduduk desa akan kesadaran kesehatan. Namun jiwa mudanya yang ingin menumpahkan semangat dan kontribusinya untuk mewujudkan kesehatan baik bagi para penduduk tak sia-sia.

Mengubah pola pikir masyarakat dari yang hanya merujuk dukun beranak ke Bidan menjadi tantangan terberatnya. Suatu ketika, Tuhan bukakan jalan atas semangat juangnya.

Kala itu, seorang bayi yang baru saja lahir tak terdengar tangisnya. Maka turunlah Bidan Icha, sosok yang dulunya tak dipercayai oleh penduduk desa. Saat dukun beranak tak dapat berbuat apa-apa, di sanalah Bidan Icha mampu mengatasinya.

Setelahnya, barulah para penduduk mulai mengakui kemampuan perempuan itu. Icha juga memberanikan diri membuat sebuah perkumpulan Sehat Rohani Jasmani (Seroja).

Perkumpulan itu ditujukan bagi para lansia atau jompo dengan tujuan mencegah penyakit degeneratif yang rawan bagi para lansia. Icha mendorong para lansia untuk rajin periksa kesehatan secara berkala dan sekitar 120 orang lansia aktif mengikutinya.

Atas dedikasi yang Icha lakukan ini, Grup Astra menobatkan perempuan muda itu sebagai salah satu Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2013.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.