Wonder Woman Dari Inhil Bagi Ibu dan Anak

0
116
Wonder Woman Dari Inhil

Rosmiati, salah satu wonder woman yang mengabdikan keringat dan tetes air matanya bagi penduduk dari Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

Profil Rosmiati

Meski siapa pun bisa menjadi sosok yang inspiratif, namun tak semua orang yang dapat melakukan apa yang diperbuat oleh Rosmiati.

Demi mewujudkan kesehatan yang layak bagi ibu dan anak di daerah itu, bahkan dirinya rela menghabiskan waktu dan tenaganya untuk penduduk desa di sana. Tak salahkan kalau ia disebut Wonder Woman dari Inhil?

Rosmiati merupakan lulusan Akademi Kebidanan Padang 2007 yang membaktikan diri di sebuah desa terpencil di Provinsi Riau. Desa bernama Tunggal Rahayu Jaya itu mungkin tidak banyak orang yang tahu.

Namun bagi Rosmiati, kesehatan penduduk wanita dan anak di daerah sana adalah yang hal yang paling penting dalam hidupnya. Kondisi kesehatan masyarakat di sana sangat memprihatinkan, dengan angka kematian ibu dan bayi baru lahir yang cukup besar.

Tabungan Ibu Bersalin

Perempuan kelahiran Riau, 27 Oktober 1984 ini membuat sebuah program bernama ‘Tabungan Ibu Bersalin’. Adapun program ini nantinya dapat dimanfaatkan oleh ibu-ibu di Tunggal Rahayu Jaya yang akan melakukan persalinan.

Walau jalan yang ia tempuh mungkin tak semudah yang kita bayangkan, Rosmiati mendapat dukungan dan antusias yang baik dari para penduduk desa. Para perangkat desa yang mendukung programnya pun tak sungkan untuk membantu serta turut menyalurkan program itu kepada penduduk Desa Tunggal Rahayu Jaya.

Tak ada paksaan berapa tabungan yang harus diisi oleh para ibu bersalin itu, menyesuaikan saja dengan kemampuan masing-masing.

Dana Sehat

Selain program Tabungan Ibu Bersalin, wanita yang akrab disapa Bidan Ros ini juga membuat program ‘Dana Sehat’. Bermodal Rp2.000 saja, para penduduk di desa telah dapat merasakan dua program yang ditawarkan oleh bidan kesayangan mereka.

Buah dari pengabdian Rosmiati itu kini dapat dirasakan oleh penduduk yang terbantu dalam bidang kesehatan bahkan sosial. Rosmiati juga menerima penghargaan dari Grup Astra sebagai Penerima Apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2012 atas dedikasinya terhadap kesehatan ibu dan anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.