Pengendalian Inflasi 2023 : Pemko Berencana Melakukan Operasi Pasar

41
Pengendalian Inflasi 2023 Pemko Berencana Melakukan Operasi Pasar

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melakukan beberapa aksi guna melakukan pengendalian inflasi yang akan datang pada tahun 2023. Diketahui saat ini inflasi Kota Pekanbaru mecapai 6,61 persen.

Upaya mengatasi inflasi

Salah satu rencana yang akan dilakukan pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam melakukan pengendalian inflasi pada tahun 2023 yang akan datang ialah dengan cara menggelar operasi pasar di sejumlah wilayah.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, adapun salah satu aksi yang akan dilakukan oleh pemerintah kota untuk menghadapi dan mengantisipasi terjadinya inflasi ialah melalukan operasi pasar setiap minggu secara rutin.

“Untuk menghadapi inflasi ini, kita akan melakukan rencana aksi antara lain, kita akan melakukan evaluasi gerakan menanam, kemudian melakukan operasi pasar di setiap minggu, kemudian juga kita melakukan pengawasan terhadap distributor untuk mengantisipasi adanya penimbunan, serta membentuk satgas pangan,” pungkas Indra, Minggu (4/12/2022).

Ia juga mengatakan pada saat ini inflasi sampai pada angka 6,16 persen. Dengan begitu pemerintah Kota Pekanbaru berusaha dalam menekan inflasi supaya tidak terjadi kenaikan dengan cara melakukan operasi pasar dan pengawasan di lapangan yanga akan dilakukan Satgas pangan.

“Satgas pangan itu nanti ada di dinas pertanian, Kodim, Polres. Itu nantinya akan kita satukan jadwalnya untuk bisa turun ke lapangan,” ujarnya

Beliau juga menjelaskan bahwa pihaknya juga akan mengevaluasi kerjasama antar daerah terkait sumplai bahan pagan.

“Rencana aksi itu akan tetap kita laksanakan dalam waktu dekat, tetap (dilaksanakan) dalam setiap minggu. Kita akan melakukan rencana aksi tersebut, contoh misalnya pasar murah, kita berencana ana melakukan pasar murah setiap minggu dengan seribu paket sembako,” jelas Pj Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru itu.

Bekerjasama dengan perusahaan swasta

Dalam melakukan aksi pengendalian inflasi ini, pemerintah Kota Pekanbaru akan menjalain kerjasama dengan perusahaan swasta yang dapat membantu dalam upaya menaikan pertumbuhan ekonomi agar inflasi dapat terkendali.

Pemerintah Kota Pekanbaru juga ngajak masyarakat kota untuk menanam cabai besar hingga cabai rawit untuk membantu dalam mengatasi meningkatnya inflasi yang sedang terjadi.