Masyarakat Pekanbaru Tanam Cabai Yuk, Ini Manfaatnya

31
Masyarakat Pekanbaru Tanam Cabai

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengimbau masyarakat Pekanbaru untuk tanam cabai termasuk cabai rawit. Hal tersebut karena peningkatan inflasi saat ini sangat memengaruhi kehidupan sehari-hari.

Cabai Sumber Inflasi

Sebagaimana diketahui Encik dan Puan, cabai merupakan salah satu komoditi yang menyumbang inflasi di Indonesia. Hal ini berdasarkan laporan bulanan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Dimana nyaris setiap bulannya, hasil laporan BPS menunjukkan bahwa kenaikan harga cabai menyebabkan inflasi.

Penyebab Cabai Mahal

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab harga cabai mahal. Di antaranya adalah karena berkurangnya pasokan, alih fungsi lahan ke komoditas lainnya, adanya perubahan pola/jadwal tanam, hingga naiknya harga pestisida.

Selain itu distribusi yang lancar menjadi syarat kestabilan harga cabai. Terlebih saat ini sentra penghasil cabai merah masih didominasi oleh Pulau Jawa. Sehingga Konektivitas antarwilayah menjadi sangat penting.

Hal tersebut diperparah karena penikmat pedas tersebar di seantero Nusantara. Hal tersebut menjadi tantangan dari wilayah kepulauan seperti Indonesia. Dimana ekspor impor inter-regional yang harus terhubung agar menjamin distribusi barang-barang kebutuhan konsumsi masyarakatnya dapat terpenuhi.

Imbauan Menanam Cabai

Dalam mengatasi meningkatnya inflasi yang terjadi, maka Pemko Pekanbaru mengimbau masyarakatnya untuk menanam cabai besar hingga cabai rawit di perkarangan rumahnya. Hal ini bertujuan agar dapat memenuhi kebutuhan pokok seperti beras dan cabai dalam keseharian Encik dan Puan.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, kebutuhan pokok seperti cabai dan cabai rawit hingga beras, memberi andil besar terhadap naiknya angka inflasi Pekanbaru.

“Kami mengimbau masyarakat Pekanbaru tanam cabai dan memanfaatkan pekarangan guna menanam kebutuhan pokok tersebut,” ungkapnya, Jumat (2/12/2022).

Dikarenakan wilayah kota Pekanbaru tidak memungkinkan untuk menanam padi, maka kebutuhan pokok yang dapat ditanam di wilayah kota ialah cabai dan sayur-sayuran, baik secara tradisional maupun hidroponik.

Inflasi di Kota Pekanaru

”Inflasi di Pekanbaru saat ini mencapai 6,16 persen. Ini perlu diantisipasi dengan gerakan menanam sehingga untuk kebutuhan sehari-hari, warga kota bisa mengadakannya sendiri tanpa membeli,” jelas Indra.

Indra juga menambahkan, pihaknya akan terus melaksanakan evaluasi terhadap gerakan menanam ini. Agar gerakan tersebut dapat berjalan secara efektif dan tepat sasaran dengan melibatkan berbagai pihak.

Dengan adanya imbauan ini, diharapkan Encik dan Puan mulai untuk menanam cabai di perkarangan rumah ya.

Manfaat Tanam Cabai di Rumah

Selain membantu menurunkan inflasi, menanam cabai di rumah juga memiliki manfaat lho Encik dan Puan.

Manfaat utamanya adalah dari sisi ekonomis. Dengan menanam sendiri, kita dapat memenuhi kebutuhan cabai tanpa harus berbelanja cabai di pasar. Yang kita ketahui saat ini, harga cabai seringkali naik. Sehingga kita dapat menghemat pengeluaran bulanan.

Selain itu menanam cabai juga bisa menjadi media edukasi bagi anak-anak. Dengan budidaya cabai, akan menjadi wahana praktikum gratis bagi anak sekolah. Karena teori tentang tumbuhan dapat dipelajari secara langsung di rumah.