Pasar Tumpah Ahmad Yani, Pemko Relokasi Pedagang

0
957
Pasar Tumpah Ahmad Yani

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tengah mengkaji relokasi pedagang pasar tumpah yang beroperasi di Jalan Ahmad Yani. Dengan demikian, rencananya para pedagang ini akan dipindahkan ke Pasar Agus Salim.

Pedagang Akan Ditertibkan

Demikian yang diungkapkan oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Senin (6/11/2023).

Dalam rapat terbatas Pemko Pekanbaru terkait penyelesaian pedagang yang berjualan di Pasar Tumpah Ahmad Yani tersebut, pihaknya membahas dua area terkait penyelesaian relokasi ini.

Adapun langkah ke depan, Satpol PP akan melaksanakan penataan dan pembinaan terhadap pedagang kaki lima (PKL). Terutama pedagang yang berjualan di Jalan Ahmad Yani hingga ke Jalan Agus Salim.

Ditegaskan Zulfahmi, jika terdapat pelanggaran selama proses penataan maka penertiban akan dilakukan oleh Satpol PP Pekanbaru.

Perlu Regulasi

Pihaknya berharap bahwa Pemerintah Kota memiliki regulasi yang lebih rinci, sehingga dapat menciptakan Kota Pekanbaru yang indah dan nyaman. Tentunya dengan pendekatan preventif dan persuasif.

“Data PKL masih akan dibahas, Pemko perlu menetapkan wilayah yang diizinkan dan yang tidak diizinkan untuk berjualan para PKL ini,” ujarnya.

Zulfahmi menambahkan, terdapat juga pembahasan mengenai wilayah yang diperbolehkan bagi PKL pada jam tertentu. Yang mana hal ini bertujuan agar penataan dan pembinaan PKL dapat dilakukan secara efektif.

Penataan ini mencakup pedagang yang beroperasi di badan Jalan Ahmad Yani atau pasar tumpah.

Relokasi ke Pasar Agus Salim

Dalam rapat evaluasi penataan PKL pada 30 Oktober 2023 lalu, Zulfahmi telah menyampaikan permasalahan pasar tumpah kepada Asisten II Ingot Ahmad Hutasuhut yang merupakan mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

Menyikapi situasi di Jalan Ahmad Yani yang padat terutama pada pagi hari, Zulfahmi menyarankan agar relokasi pasar tumpah ke Pasar Agus Salim. Mengingat di sekitar lokasi tersebut terdapat rumah sakit, sekolah, dan perkantoran.

Sehingga diharapkan dengan relokasi pasar tumpah tersebut dapat menciptakan lingkungan yang sehat, lebih tertata, dan nyaman.

“Ini diharapkan dapat mengoptimalkan pemanfaatan Pasar Agus Salim,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.