Parit Indah di Pekanbaru Yang Instagramable

263
Parit Indah di Pekanbaru yang instagramable

Jika selama ini parit itu identik dengan kotor, bau, dan penuh sampah, mungkin tidak ada yang menyangka jika ada parit indah di Pekanbaru.

Bukan, ini bukan Jalan Parit Indah ya Encik dan Puan. Parit yang satu ini merupakan parit yang terletak di depan Kantor Dinas Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Provinsi Riau, Jalan Jenderal Sudirman.

Memang sih, lokasinya tak jauh-jauh dari Jalan Parit Indah atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Jalan Datuk Setia Maharaja.

Nah bagi Encik dan Puan yang penasaran, berikut ini penampakan parit indah di Pekanbaru yang instagramable tersebut:

Parit instagramable dengan dinding sebelah kiri dan kanan parit tersebut memiliki lebar 6 meter serta panjang sekitar 25 meter ini dicatĀ  beragam varian warna.

Tak pelak, mata kita akan dimanjakan dengan parit yang berada di depan kantor DinasĀ  ESDM Provinsi Riau tersebut, sehingga memiliki kesan ceria layaknya kolam renang untuk anak-anak.

Dengan sistem canal blocking, parit ini kemudian disulap menjadi Kolam Warna yang dijadikan sebagai wadah untuk pembiakan berbagai jenis ikan sepertiĀ ikan Mas, Nila, dan Koi.

Kepala Dinas ESDM Indra Agus Lukman mengatakan bahwa pihaknya sendiri sengaja menyulap parit tersebut menjadi kolam ikan untuk bisa meningkatkan nilai tambah atas permintaan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pihaknya membuat Kolam Warna tersebut untuk tujuan jangka panjang. Saat ini pihaknya sedang mencari caraĀ untuk penyaring dan penjernih airnya, termasuk mencoba tanaman yang dapat digunakan sebagai penetralisir air.

Tak hanya sampai mengecat dinding parit saja, Dinas ESDM Provinsi Riau juga mengecat trotoar tepi jalan dengan beragam kombinasi warna yang terang.

Hal ini diharapkan Indra agar dapat menjadi contoh bagi masyarakat. Selain itu pihaknya juga berharap tidak ada lagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan.

Sehingga kedepannya, para pejalan kaki merasa nyaman saat melintas. Yang paling utama tentunya dapat menggugah masyarakat agar dapat menjaga lingkungan.