BNNP Riau Akan Segera Miliki Kantor Baru

95
BNNP Riau

Memasuki tahun 2020 mendatang, BNNP Riau akan membangun kantor baru yang berlokasi di daerah Labersa Pekanbaru.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Laporan Akhir Perencanaan Gedung Kantor Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau di Hotel Pangeran Pekanbaru, Rabu (11/12/2019).

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Informasi Pekanbaru Riau (@infopku_) on

Adapun untuk anggaran pembangunan kantor tersebut berasal dari danah hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sebesar Rp1.505.800.000.

Plt Kepala BNNP Riau, AKBP Haldun, menjelaskan bahwa selama ini, pihaknya hanya menumpang di bangunan tua milik Pemprov Riau yang kurang layak pakai.

“Kita masih numpang di kantor milik Pemprov Riau yang beralamat di jalan Pepaya Sukajadi,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam perencanaan pembangunan gedung BNNP tersebut, selain kantor utama juga terdapat bangunan pelayanan publik seperti rehabilitasi rawat inap, klinik pratama, dan gedung serbaguna untuk penyuluhan bahaya narkoba.

Menariknya lagi, tempat Rehab Satelit bagi penderita yang terpapar penyalahgunaan narkoba ini akan menjadi yang pertama kalinya di Indonesia.

Untuk diketahui, Rehab satelit hanya mampu menampung sekitar 50-60 penderita penyalahgunaan narkoba dengan luas lahan sekitar 1.200 meter persegi.

“Serta ada juga gedung pendukung seperti tahanan narkoba, kandang dan pusat perawatan anjing K9 dan gudang barang bukti,” katanya.

AKBP Haldun menerangkan, pembangunan kantor ini merupakan sesuatu hal yang urgent. Karena sejauh ini BNNP Riau belum memiliki balai rehabilitasi yang sesuai dengan standar BNN, sehingga masyarakat yang ingin rehabilitasi akan dikirim ke provinsi lain.

Sebelumnya yang menjadi rujukan terdekat bagi para penderita penyalahgunaan narkoba adalah Balai Besar Rehabilitasi yang berada di Batam dan Medan. Untuk ke sana sendiri memerlukan biaya yang cukup besar.

“Kami berterimakasih atas bantuan dari Pemprov Riau ini, dan kami berharap proses pembangunan komplek kantornya segera dilaksanakan di tahun 2020,” ujar Haldun.

Ia menambahkan, PT Dhika Architama selaku pemenang lelang tender telah menerangkan secara detail rencana pembangunan gedung tersebut yang dipaparkan melalui rapat laporan akhir pelaksanaan perencanaan gedung BNNP Riau.

“Semoga berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” tutupnya.