Pacu Jalur 2022 Resmi Dibuka Sandiaga Uno

100
Pacu Jalur 2022

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno resmi membuka pacu jalur event nasional tahun 2022 di Lapangan Limuno Kota Teluk Kuantan, Minggu (21/8/2022).

Untuk diketahui, event nasional pacu jalur 2022 ini akan digelar mulai 21-25 Agustus 2022 di Tepian Narosa, Teluk Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Diikuti 178 Jalur

Pada pergelaran tahun ini, sebanyak 178 jalur akan berlaga. Selain hadiah pacu jalur mencapai Rp 673,5 Juta, mereka akan memperebutkan piala bergilir Pemerintah Kabupaten Kuansing.

Pada pembukaan ini, ribuan masyarakat Kota Jalur Negeri Bermarwah tumpah ruah memadati Lapangan Limuno Kota Teluk Kuantan. Hal ini lantaran pacu jalur sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

Dihadiri Tokoh Penting

Selain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, pembukaan pacu jalur kali ini dihadiri oleh Wakil Menteri ATR/BPN RI Raja Juli Antoni, Gubernur Riau Syamsuar, serta Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby.

Dalam sambutannya, Sandiaga mengatakan bahwa kebangkitan Indonesia sebagian besar ditopang oleh event-event pariwisata. Untuk itu pihaknya berharap geliat pariwisata harus tetap dijalankan dan disukseskan.

Sementara itu, Gubernur Syamsuar mengapresiasi pelaksanaan festival pacu jalur yang diselenggarakan di Kuansing. Yang mana perhelatan tersebut memang tradisi masyarakat Kuansing yang selalu diadakan setiap tahunnya.

“Kami sudat rindu dan antusias, karena pacu jalur sudah lama kosong,” ujar Syamsuar.

Sejarah Pacu Jalur

Kegiatan pacu jalur sendiri telah mendarah daging bagi masyarakat Kuansing. Pada zaman penjajahan Belanda dulu pergelaran pacu jalur diadakan untuk merayakan hari ulang tahun Ratu Helmina dari Belanda.

Namun di masa kini, Warisan Budaya Tak Benda (WBTb) Riau sejak 2015 lalu ini dilaksanakan dalam rangka memperingati dan menyemarakkan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

Menjadi Google Doodle

Satu hal yang membanggakan lagi, tradisi pacu jalur ditampilkan pada Google Doodle saat Peringatan Hari Kemerdekaan RI.

Google menggunakan doodle pacu jalur diikuti lima orang berpakaian tradisional. Kelima karakter tersebut dibalut beraneka warna, serta senyum sumringah di wajahnya. Empat di antaranya mendayung perahu, serta seorang di depan memberikan gerakan semangat kepada para pendayung.