Olahraga 60 Detik

0
147

Tahukah Encik dan Puan, jika dengan teknik tertentu olahraga selama 60 detik dapat memberikan hasil yang setara dengan olahraga biasa selama 45 menit. Karena manfaat terbaik dari olahraga tidak melulu harus didapatkan dari berlatih selama berjam-jam.

Hal tersebut dibuktikan oleh para ilmuwan dari McMaster University dalam sebuah penelitian terbaru. Yang mana mereka membandingkan 2 teknik olahraga yang cukup populer sekarang ini, yaitu Sprint Interval Training (SIT) dan Moderate Intensity Continuous Training (MICT).

Sprint Interval Training (SIT) adalah sebuah rangkaian gerakan yang terdiri dari 2 menit pemanasan, 3 menit pendinginan, dan 2 menit bersepeda ringan pada setiap jeda.

Sprint (lari cepat) atau bersepeda dengan kecepatan tinggi menjadi gerakan inti SIT yang diklaim memberikan manfaat paling besar ini hanya butuh waktu 3 kali 20 detik atau jika ditotalkan menjadi 60 detik.

SIT dengan durasi sangat pendek ini jika dilakukan selama 12 pekan dapat memberikan hasil yang sama seperti Moderate Intensity Continuous Training (MICT). Padahal jika dibandingkan dengan SIT hanya mencapai 10 menit dan gerakan intinya hanya 60 detik.

Untuk diketahui bahwa dalam MCIT, waktu yang dibutuhkan mencapai total 50 menit. Dengan rinciannya adalah sebagai berikut: 45 menit bersepeda dengan pace moderat (irama sedang), 2 menit pemanasan dan 3 menit pendinginan.

Prof Martin Gibala yang memimpin penelitian ini mengatakan bahwa hal ini merupakan strategi olahraga yang sangat efisien dari sisi waktu. Karena meskipun olahraga berat ini dipersingkat, tapi tetap memberikan hasil yang efektif.

Jadi, Encik dan Puan tertarik untuk berolahraga selama 60 detik ala Sprint Interval Training (SIT)?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.