Mulut Sehat Selama Puasa, Ini Tipsnya

155
Mulut Sehat Selama Puasa

Hari ini kita sudah mulai berpuasa. Puasa sendiri identik dengan bau mulut, Encik dan Puan sudah tahu belum agar mulut sehat selama puasa?

Penyebab bau mulut

Ketika umat Muslim berpuasa, kondisi rongga mulut kemudian menjadi kering karena produksi air liur yang berkurang. Hal tersebut menyebabkan mulut menjadi lebih bau dari biasanya.

Terlebih lagi di masa new normal ini, kita harus tetap pakai masker ke mana pun dan di mana pun. Tentunya mulut kita akan lebih bau dari saat puasa sebelum pandemi.

Meski demikian, masalah bau mulut tersebut bisa diatasi dengan baik saat menjalankan ibadah puasa Ramadan di masa pandemi.

Tips mencegah bau mulut

Berikut beberapa tips agar mulut sehat selama puasa di masa pandemi:

  • Menyikat Gigi Secara Teratur

Saat hendak menjalankan ibadah puasa, waktu yang tepat untuk menyikat gigi adalah setelah makan sahur. Selain itu, kegiatan menyikat gigi juga bisa dilakukan kembali saat menjelang tidur. Manfaat menyikat gigi secara teratur tidak hanya untuk menghindari bau saja, tetapi juga bisa menghilangkan plak gigi, mencegah sariawan saat berpuasa, serta menghilangkan bakteri lainnya.

  • Menggunakan Obat Kumur

Selama menjalankan ibadah puasa diperbolehkan menggunakan obat kumur sebagai penyegar mulut. Namun obat kumur yang digunakan tidak boleh mengandung alkohol dan lebih baik dibuat dari bahan-bahan alami. Manfaat obat kumur dapat mencegah tumbuhnya bakteri yang telah berkembang di dalam mulut, sehingga dapat menimbulkan plak hitam pada gigi dan karang pada gigi.

  • Memilih Makanan Sehat

Kita harus terus memperhatikan makanan yang kita konsumsi terlebih selama menjalankan ibadah puasa. Makanan sehat yang kaya akan nutrisi perlu diperbanyak, cara pengolahan serta penyajiannya makanan yang kita konsumsi juga memperngaruhi bau mulut yang dialami kebanyakan orang. Hal ini mengakibatkan kekenyangan dan karang gigi yang menumpuk.

  • Memperbanyak Minum Air Putih

Ketika menjalankan ibadah puasa, tentunya kita akan mengalami kekurangan cairan. Untuk itu, cukupkan kebutuhan air yang diperlukan oleh tubuh saat berpuasa yaitu 8 gelas atau 2 liter dalam sehari. Tubuh yang kekurangan cairan air putih akan menyebabkan gangguan suasana pada rongga mulut.

  • Rutin Mengganti Masker

Menggunakan masker merupakan kewajiban baru bagi kita untuk menjaga diri sekaligus melindungi orang lain dari bahaya virus. Penggunaan masker secara rutin juga dapat mempengaruhi kesehatan mulut terlebih ketika sedang berpuasa. Untuk itu, rutin mengganti masker harus dilakukan agar mulut tetap segar ketika menjalankan ibadah puasa.