Mie Kuah Udang Selatpanjang ala Dapur Melaka

111
Mie Kuah Udang Selatpanjang

Mie Kuah Udang Selatpanjang merupakan salah satu kuliner khas Melayu Riau. Jika dilihat sekilas, mungkin mirip dengan Mie Rebus Medan.

Namun, Mie Kuah Udang asal Selatpanjang ini sendiri memiliki perbedaan. Yang paling mencolok adalah kuah udangnya yang kental akan rasa udangnya.

Tak hanya kuahnya yang kental, mie asal Selatpanjang tersebut ditambah dengan bakwan udang, telur, kentang, tauge, mentimun, dan irisan rawit. Hmmm, sedap.

Jika Encik dan Puan ingin mencobanya, bisa langsung memesannya ke instagram @dapur.malaka di nomor 089617814452.

Dapur Melaka

Ika, owner Dapur Melaka ini mengatakan bahwa kenikmatan Mie Kuah Udang saat masa kecilnya menjadi alasan ia menjual kuliner yang berasal dari Kabpaten Meranti tersebut.

“Kebetulan, (Alm) Papa adalah orang Selatpanjang. Dulu waktu kecil sering makan mie kuah udang buatan mama,” ucapnya.

Berawal dari kenangan masa kecil tersebut, Ika kemudian belajar resep mie kuah udang dari mamanya. Dengan percobaan beberapa kali, akhirnya ia berhasil menemukan cita rasa khas miliknya sendiri.

Untuk bahan-bahannya sendiri Encik dan Puan tidak perlu khawatir, karena Ika menjamin bahan bakunya, terutama udang masih fresh.

Ika sendiri memiliki niat untuk mengenalkan kuliner khas Selatpanjang ini kepada khalayak ramai, terutama pada kalangan milenial.

“Harapannya agar kuliner khas Riau ini lebih dikenal dan diterima banyak orang,” ujar ibu beranak tiga ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pada awal Desember lalu, saat Dapur Melaka di-launching, para influencers di Pekanbaru banyak yang belum tahu akan mie ini.

Ternyata, ungkap Ika, banyak influencers di Pekanbaru yang menyukai cita rasa yang kental dengan aroma udang dari mie kuah udang Dapur Melaka ini.

Dengan berbekal respons positif tersebut, Ika pun yakin Dapur Melaka mampu menggencarkan makanan khas Selatpanjang ini.

“Selain itu, agar dapat bersaingan dengan makanan impor yang sudah lebih dulu memiliki nama,” tutup Ika dengan semangat.

Dengan hadirnya Dapur Melaka ini, menjadi bukti makanan tradisional dapat dikemas kekinian serta dapat diperhitungkan juga cita rasanya.