Mengenal Hipertensi Okuli

85
Mengenal Hipertensi Okuli

Orang awam mengenal hipertensi, adalah darah tinggi. Padahal ada banyak macamnya. Melalui tulisan ini yuk kita mengenal hipertensi okuli.

Menurut Para Ahli

Namun apa kata ahli? dr. Tengku Helena Ida Maria, Sp.M,MSc yang merupakan dokter Spesialis Mata Subspesialis Glaucoma Eye Centre, ternyata Hipertensi dalam tubuh manusia ada dua.

Yakni hipertensi sistemik di darah, dan hipertensi okuli di bola mata atau tekanan di bola mata. Hipertensi Okuli dikarenakan cairan di dalam mata banyak, dan saluranmya tersumbat, serta pengguna kaca mata minus tinggi.

Bukan Air Mata

Cairan yang ada di mata yang dimaksud itu bukan air mata, yang dimaksud adalah cairan pada bola mata. Jika air mata berfungsi melindungi bola mata, berbeda dengan cairan yang ada pada bola mata, yaitu sirkulasi darah di dalam tubuh.

Trauma seperti bola mata terpukul, ada goncangan di dalam mata sehingga sel-sel halus dalam bola mata tersumbat. Infeksi yang bolak-balik, sel radang akan menyumbat saluran keluar bola mata itu. Penggunaan bola mata yang tidak benar juga bisa mengakibatkan tekanan pada mata.

Gejala Hipertensi Okuli

Hipertensi okuli bisa ditandai dengan pusing yang hilang timbul. Namun juga terdapat tanda lain seperti minus mata yang terus bertambah, seperti penambahan minus yang terlalu sering dan penambahan minus juga semakin tinggi.

Kenali Sejak Dini

Pentingnya mengenal hipertensi okuli sejak dini, serta berkonsultasi dokter yang memahami kondisi hipertensi okuli akan memberikan penanganan yang tepat bagi pasien. Sehingga keterlambatan dalam pengobatan tidak terjadi.