Mempertahankan Bisnis Masa Pandemi Covid-19, Ini Tipsnya

32
Mempertahankan Bisnis Masa Pandemi

Mempertahankan bisnis masa Pandemi Covid-19 memang tidak mudah. Dunia bisnis dan ekonomi menjadi salah satu yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19 saat ini.

Diperhitungkan dengan baik

Memang tidak mudah bagi pebisnis untuk berjuang dan bertahan sekarang ini. Jika semua hal diperhitungkan dengan baik mungkin, maka semua masalah dapat diminimalisir dan diatasi dengan baik.

Bahkan di tengah wabah ini, banyak juga pebisnis yang kebanjiran orderan dan berlipat ganda penghasilannya karena pintar memanfaatkan peluang. Namun di sisi lain, banyak sekali usaha yang gulung tikar karena tidak sanggup untuk bertahan mengikuti arus.

Tips Mempertahankan Bisnis Masa Pandemi

Berikut ini beberapa tips untuk mempertahankan bisnis pada masa pandemi Covid-19 yang bisa Encik dan Puan jadikan acuan dalam menjalankan roda bisnis:

  • Perhatikan Kondisi Keuangan

Hal utama dan yang paling utama saat ini adalah memperhatikan kondisi keuangan yang Encik dan Puan miliki, jangan ceroboh dalam bertindak.

Ingat, pandemi ini belum tahu kapan berakhir, jadi usahakan berhemat dan mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Karena jika Encik dan Puan salah dalam mengambil keputusan, maka siap-siap berakibat fatal dengan bisnis yang Encik dan Puan geluti.

  • Menjaga Kondisi Lingkungan Agar Terhindar Dari Pandemi Covid-19

Poin berikutnya, dalam berbisnis saat ini menjaga kondisi lingkungan agar tetap kondusif dan memastikan terhindar dari bahaya Covid19 sangat penting.

Hal yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan tempat penjualan agar tetap bersih dan nyaman. Disamping itu juga, adanya protokol kesehatan yang ketat.

Misalnya larangan masuk bagi yang tidak menggunakan masker, mencuci tangan sebelum masuk dan melakukan cek suhu tubuh di pintu masuk.

Barangkali saat ini protokol kesehatan tersebut menjadi hal yang pokok dan penting dalam menjalankan roda bisnis.

  • Komunikasi Yang Baik Dengan Pelanggan dan Karyawan

Komunikasi yang efektif juga menjadi hal yang penting, dengan berkomunikasi yang baik maka akan meminimalisir terjadinya miss komunikasi.

Jika memang tidak memungkinkan untuk membuka gerai, jika tidak ingin pelanggan kecewakan, Encik dan Puan bisa mengkomunikasikan kepada para pelanggannya untuk membeli secara online dengan layanan yang lebih baik.

Begitu juga dengan para karyawan, kondisi seperti ini banyak yang terdampak, termasuk keuangan kantor. Makanya Encik dan Puan mestinya berkomunikasi dengan karyawan solusi terbaik dari masalah yang dihadapi saat ini.

  • Terus Berinovasi dan Berkreasi Mengembangkan Produk Sesuai Kebutuhan

Inovasi dan kreasi juga tidak bisa dihindari, pandemi atau tidak inovasi dalam sebuah produk itu penting supaya menarik pelanggan untuk tetap beratap.

Saat ini, berkreasi dan berinovasi dalam produk sesuai yang dibutuhkan masyarakat sangat diharapkan saat ini, misalnya dengan membuat frozen food yang tahan lama dan mudah disimpan.

  • Memaksimalkan Promosi Melalui Teknologi Pendukung

Usahakan promosi dengan sebaik mungkin, gunakan semua media yang ada, baik itu sosial media pribadi dan juga sosial media bisnis yang digeluti.

Salah satu penentu keberhasilan penjualan juga ditentukan oleh promosi yang gencar, oleh sebab itu, teruslah promosi dan perkenalan produk kita kepada orang lain.

Selain untuk menambah pelanggan, tujuan promosi juga untuk memperkenalkan produk-produk unggulan kita kepada orang lain. Selama luas jangkauan, maka peluang berhasil akan lebih besar.

  • Maksimal Layanan Delivery

Layanan delivery harus diutamakan, kondisi pandemi ini membuat orang malas untuk keluar rumah, peluang ini harus bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

Jangan sampai banyak pelanggan yang beralih ke penjual lain hanya karena kita tidak bisa memanfaatkan peluang yang ada. Stop menunggu pelanggan, usahakan memberikan pelayanan yang terbaik dengan sistema jemput bola.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan kepada Encik dan Puan, semoga tips ini bisa menjadi gambaran dalam berbisnis saat ini. Semoga segala sesuatu yang terjadi saat ini kembali normal, dan kita hidup seperti sedia kala ya Encik dan Puan.