Logo HUT ke-66 Riau, Ini Maknanya

0
1005
Logo HUT ke-66 Riau

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau resmi merilis logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Provinsi Riau, berikut makna logo tersebut.

Diketahui bahwa sebentar lagi Provinsi Riau akan berulang tahun yang ke-66 pada tanggal 9 Agustus mendatang. Berbagai persiapan telah dilakukan Pemprov Riau untuk memeriahkan hari jadi tersebut, salah satunya dengan meresmikan logonya.

Berbentuk Tanjak

Logo HUT ke-66 Provinsi Riau berbentuk Tanjak yang warna dasarnya merah, kuning, hijau, dan biru.

Adapun makna logo tersebut yakni merah melambangkan keberanian. Warna kuning menandakan kejayaan. Warna hijau melambangkan kesejahteraan. Lalu warna biru melambangkan unggul.

Tagline

Tagline pada logo HUT ke-66 Provinsi Riau tersebut adalah “Riau Bersatu” dengan warna hitam. Warna hitam dalam tagline tersebut memiliki makna atau melambangkan ketangkasan dan kekokohan.

Demikian yang diungkapkan oleh Asisten II Setda Riau, M Job Kurniawan. Ia mengatakan bahwa logo tersebut memberikan makna semangat bersama masyarakat Riau untuk mewujudkan Riau Bersatu yakni berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat, dan Unggul.

Melalui tagline tersebut, ia berharap masyarakat Riau dapat kreatif dan mempunyai inovatif dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) serta sumber daya alam (SDA).

Hal ini agar geliat ekonomi Riau terus tumbuh dan meningkat yang akan bermuara pada kesejahteraan yang berkelanjutan, serta menjunjung tinggi nilai norma dan adat istiadat.

“Ini adalah upaya dalam mewujudkan Riau yang bermartabat,” jelasnya.

Berdasarkan Seleksi

Diketahui sebelumnya Pemprov Riau telah melakukan sayembara untuk menentukan logo tersebut. Dari peserta yang mengikuti seleksi, disepakati 11 peserta terbaik menjadi nominasinya. Lalu pada akhirnya terpilih hasil dari desain Novelia Shafyra untuk menjadi logo HUT ke-66 Provinsi Riau.

Makna Logo

Sedangkan makna logo HUT berdasarkan pilihan dari Gubernur Riau Syamsuar, Kepala Dinas Kebudayaan Riau Raja Yoserizal Zein, dan tiga juri profesional lainnya. Berikut ini maknanya:

  • Simbol yang mengarah ke atas adalah harapan bersama, serta rasa optimis untuk mewujudkan Provinsi Riau yang berdaya Saing, Sejahtera, Bermartabat, dan Unggul.
  • Simbol Rantai melambangkan persatuan yang kokoh, hubungan masyarakat yang solid, kompak dan Gotong Royong yang menjadi modal dasar untuk membangun masa depan Provinsi Riau ke arah yang lebih baik.
  • Tanjak sebagai penutup kepala adat Melayu Riau yang berbentuk runcing ke atas, merupakan kelengkapan pakaian adat baju kurung. Yaitu lambang kewibawaan pemimpin yang piawai dalam mewujudkan Riau Bersatu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.