Kuota Jemaah Haji Riau 2023 Tambah 48 Persen

67
Kuota Jemaah Haji Riau

Ada kabar baik terkait kuota jemaah haji Riau tahun 2023 mendatang. Karena diperkirakan akan mengalami penambahan jika dibandingkan dengan tahun 2022 ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Mahyudin. Dikatakannya, kuota jemaah haji Riau tahun 2023 diperkirakan mencapai 5 ribu jemaah lebih. Yang mana ada peningkatan sebesar 48 persen.

“Jika dibandingkan dengan kuota haji tahun 2022, hanya berkisar 2 ribu lebih,” ujarnya, Senin (26/9/2022).

Meningkat Drastis

Lebih lanjut Mahyudin mengatakan bahwa jika melihat kuota haji Riau sebelum pandemi yang mencapai 5.060 jamaah. Jumlah ini mengalami peningkatan yang drastis jika dibandingkan dengan keberangkatan jamaah haji saat Pandemi tahun 2022 lalu. Yang mana hanya mencapai sebanyak 2.900 jamaah.

Pihaknya sendiri merasa senang jika kuota haji Riau tersebut meningkat, karena ada banyak jamaah haji Riau yang dapat diberangkatkan.

“Dari 2.900 di tahun 2022 ini akan kembali normal ke 5.060 jamaah, sekitar 48 persen selisihnya,” ungkap Mahyudin.

Tunggu Surat Resmi

Meski demikian, pihaknya masih menunggu surat resmi dari Kementerian Agama untuk kepastiannya. Hal tersebut karena hingga saat ini untuk kuota dan biaya haji tahun 2023 masih dibahas oleh pemerintah pusat bersama dengan DPR RI.

Embarkasi Haji Antara

Selain itu Mahyudin juga menyampaikan Provinsi Riau dalam penyelenggaraan Haji tahun 1443 H/2022 M merupakan bagian dari Embarkasi Haji Batam bersama 4 Provinsi lainnya yakni Jambi, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat.

Provinsi Jambi dan Riau, ungkapnya, telah memiliki embarkasi haji antara. Untuk Riau sendiri, sudah dimulai pada tahun 2019 lalu. Yang merupakan tahun pertama memberangkatkan Jemaah haji melalui embarkasi haji antara Provinsi Riau.

“Sedangkan tahun ini adalah yang kedua, setelah dua tahun tidak memberangkatkan Jemaah Haji,” pungkasnya.