Kulit Telapak Tangan Kasar? Kenali Penyebabnya!

0
348
Kulit Telapak Tangan Kasar

Kulit telapak tangan yang mengelupas dan kasar kerap menjadi keluhan bagi banyak orang. Karena, selain tidak enak dipandang, kondisi kulit yang kasar serta kering bisa membuat aktivitas meraba benda menjadi terganggu.

Dengan kondisi kulit yang seperti itu, tidak sedikit orang yang menjadi kurang percaya diri ketika bersalaman dengan orang lain. Bagaimanapun kulit tangan yang kasar bisa dirasakan oleh orang lain saat menyentuh tangan kita.

Telapak tangan yang kasar dapat terjadi karena aktivitas atau pekerjaan sehari-hari. Bahkan bisa pula disebabkan karena kebiasaan yang tidak menjaga kebersihan tangan.

Penyebab Telapak Tangan Kasar

Jika Anda memiliki kulit telapak tangan yang kering serta kasar, berikut ini beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui

1. Cuaca

Salah satu penyebab kulit telapak tangan menjadi kasar yaitu cuaca. Jadi, biasanya selama beberapa bulan di musim dingin, kulit akan menjadi lebih kering, ketika cuaca dingin pun bisa membuat telapak tangan menjadi kasar.

Akan tetapi, biasanya setelah musim kembali normal atau panas maka kelembapan kulit pun juga akan kembali normal.

2. Terlalu sering mencuci tangan

Mungkin yang satu ini masih banyak yang belum mengetahuinya atau mungkin menganggapnya sepele. Kebiasaan mencuci tangan yang terlalu sering juga bisa membuat telapak tangan menjadi kasar.

Ketika Anda mencuci tangan, minyak alami kulit kemungkinan akan ikut tersapu. Artinya, semakin sering Anda mencuci tangan, maka kelembaban kulit tangan Anda pun semakin berkurang.

3. Kondisi medis

Selain faktor di atas, kondisi medis juga dapat berdampak dan menyebabkan kulit tangan kering sehingga membuat seseorang mengalami telapak tangan kasar. Orang yang menderita autoimun, seperti diabetes ataupun penurunan sirkulasi darah ke tangan. Selain itu, eksim yang termasuk penyakit kulit juga dapat menyebabkan ruam, pecah-pecah, kering dan gatal.

4. Penggunaan hand sanitizer

Hand sanitizer memang sangat praktis dalam membersihkan tangan dimana saja. Produks satu ini pun sangat dibutuhkan sejak masa pandemi. Tapi, harus Anda pahami bahwasannya kandungan alkohol yang ada pada hand sanitizer bisa berdampak pada kelembapan tangan dan membuat tangan menjadi kering dan kasar.

5. Penggunaan sabun atau detergen

Kulit menjadi lapisan pelindung tubuh. Jadi, tidak heran apabila paparan air serta penggunaan sabun dengan kandungan zat surfaktan secara terus menerus bisa menghilangkan minyak dan kelembapan kulit.

Itulah mengapa kulit menjadi kasar dan kering. Bahkan parahnya dalam beberapa kasus dapat menimbulkan rasa gatal dan perih di telapak tangan.

6. Penuaan

Mungkin Anda sudah sering mendengar jika seiring bertambahnya usia, kulit pun akan kehilangan komponen struktural. Termasuk kolagen, asam hialuronat, dan elastin.

Hal ini pada dasarnya akan membuat kulit Anda menjadi kenyal serta kuat. Akan tetapi, apabila beberapa komponen di atas telah rusak, maka fungsi penghalang Anda pun tidak akan bertahan lama.

Produksi minyak alami di dalam tubuh tentu akan menyebabkan keretakan serta garis-garis halus, seiring bertambahnya usia.

7. Pengelupasan

Pengelupasan kulit telapak tangan pastinya tidak asing lagi. Kondisi kulit rusak satu ini bisa jadi dialami oleh setiap orang.

Walaupun pengelupasan kulit pada bagian telapak tangan kerap dianggap remeh oleh sebagian orang, faktanya hal ini akan membuat kulit tangan Anda menjadi rentan terhadap kerusakan.

Selain 7 penyebab kulit telapak tangan menjadi kasar di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi kebiasaan yang bisa membuat tangan Anda menjadi kasar. Namun yang paling penting adalah bagaimana Anda merawatnya.

Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan yakni menggunakan cairan pencuci tangan harum lembut. Anda bisa membeli produk cairan pencuci tangan di Blibli yang memang menawarkan berbagai macam produk rumah tangga.

Blibli juga telah dipercaya sebagai salah satu toko online di Indonesia. Menariknya ada begitu banyak diskon, promo hingga gratis ongkir yang ditawarkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.