Kota Terkaya di Sumatera, Posisi Kedua Tidak Disangka

488
Kota Terkaya di Sumatera

Di Pulau Sumatera terdapat beberapa kota yang disebut dengan kota terkaya. Yang mana kekayaan tersebut dilihat dari jumlah Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapitanya.

7 Kota Terkaya di Pulau Sumatera

Lantas, berikut merupakan daftar 7 kota terkaya di pulau keenam terbesar di dunia yang perlu Encik dan Puan ketahui.

1. Kota Batam

Pada peringkat pertama ditempati oleh Kota Batam yakni dengan jumlah PDRB perkapitanya mencampai hingga Rp112,66 juta rupiah. Sebagai informasi untuk Encik dan Puan, angka ini bahkan dua kali lipatnya PDRB perkapita Indonesia.

2. Kota Dumai

Di posisi kedua secara mengejutkan ditempati oleh kota Dumai. Kota yang berlokasi di Provinsi Riau dengan jumlah PDRB perkapitanya menyentuh angka sebesar Rp108,78 juta. Kota yang dekat dengan Selat Malaka ini ditopang oleh industri minyak dan gas.

3. Kota Medan

Kemudian di posisi ketiga ditempati oleh ibu kota Provinsi Sumatera Utara yakni Kota Medan. PDRB perkapita pada kota ini mencapai Rp98,26 juta. Kota Medan juga dikenal sebagai pusat pendidikan, ekonomi, dan keuangan di Pulau sumatera.

4. Kota Pekanbaru

Di posisi keempat diisi oleh Kota Pekanbaru yakni dengan total PDRB perkapitanya mencapai Rp97,47 juta rupiah. Ibu kota Provinsi Riau ini ditopang oleh perusahaan minyak, industri pengolahan, dan perkebunan kelapa sawit, beserta pabrik pengolahannya.

5. Kota Tanjungpinang

Kota terkaya selanjutnya ialah Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Pernah menjadi ibu kota Provinsi Riau pada tahun 1957-1959, Tanjungpinang berhasil berada di posisi kelima dengan jumlah PDRB perkapitanya sebesar Rp91,95 juta.

6. Kota Palembang

Selanjutnya, posisi keenam diisi oleh kota yang dikenal dengan Jempatan Ampera yakni Kota Palembang. Kota yang juga terkenal akan kuliner empek-empeknya ini memiliki PDRB perkapitanya dengan total sebesar Rp86,54 juta.

7. Kota Sungai Penuh

Di posisi terakhir sebagai kota terkaya yang berada di Pulau Sumatera diisi oleh Kota Sungai Penuh. Salah satu kota di Provinsi Jambi ini memiliki PDRB perkapitanya yang mencapai Rp77,81 juta.