Kenalkan Literasi Pada Masyarakat, Ini Tips Dispusip Pekanbaru

131
Kenalkan Literasi Pada Masyarakat

Kenalkan literasi pada masyarakat juga menjadi perhatian Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Pekanbaru.

Adapun hal tersebut berguna untuk mengenalkan dan meningkatkan literasi di tengah masyarakat.

Upaya Mengenalkan Literasi

Satu diantara upaya yang dilakukan Dispusip Pekanbaru tersebut adalah dengan mengajak banyak pihak bekerja sama.

Terutama sekolah-sekolah yang ada di Pekanbaru untuk mengenalkan berbagai buku bacaan kepada anak-anak sekolah.

Dispusip juga memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada sekolah-sekolah agar diberikan bimbingan khusus dan pelajaran khusus.

Di mana mewajibkan siswa untuk belajar dan mencari buku serta membaca di perpustakaan. Baik di perpustakaan sekolahnya masing-masing, perpustakaan digital, atau ke perpustakaan kota.

Kemudian dari buku yang dibaca tersebut, siswa diminta untuk menyimpulkan apa yang ia baca, meresume buku tersebut, dan memahami bacaan yang dibacanya.

Lalu bisa menceritakan kembali buku yang dibacanya, dan hasil resumenya itu menjadi salah satu nilai dalam pelajaran tersebut.

“Jadi mungkin sedikit memaksa, tapi memaksa untuk ke arah yang lebih baik. Karena sangat besar sekali godaan-godaan anak-anak kita sekarang di luar sana terhadap gadget, apalagi main game,” ucap Kadispusip Pekanbaru, Nelfiyonna, Sabtu (26/3/2022).

Perlu Pengawasan Orang Tua

Nelfiyonna menyebutkan, tidak ada salahnya anak-anak sekarang melek teknologi karena memang sudah zamannya. Akan tetapi menurutnya perlu pengawasan dari orang tua bagaimana memanfaatkan smartphone secara bijak.

“Smartphone ini bisa juga digunakan untuk berbagai kegiatan yang positif salah satunya adalah membaca. Nah itu salah satu yang kita sampaikan ke pihak sekolah bagaimana mereka juga ikut mendorong anak-anak untuk datang ke perpustakaan atau memanfaatkan gadget untuk hal bermanfaat seperti membaca buku,” ujarnya.

Hidup Adalah Pilihan

Lebih lanjut ia berpesan kepada para siswa berkaitan dengan literasi. Ia mengatakan, hidup adalah pilihan.

Memilih menjadi orang yang biasa-biasa saja, menjadi orang yang tidak diperhitungkan sama sekali atau justru ingin menjadi orang yang luar biasa, semuanya ada di tangan masing-masing.

Namun ketika memilih ingin menjadi orang yang luar biasa, tentunya literasi adalah salah satu kata yang tidak bisa ditinggalkan. Membaca adalah kuncinya.

“Makanya saya sering bilang semua pilihannya ada pada diri masing-masing,” ungkapnya.

Pentingnya Literasi

Nelfiyonna mengakui, ia menginginkan banyak masyarakat memahami pentingnya literasi. Oleh karena itu, ia mengimbau semua masyarakat Pekanbaru untuk datang ke perpustakaan, baik perpustakaan Kota Pekanbaru, atau melalui digital library Pekanbaru yang ada di Smartphone yakni iPekanbaru.

Di mana itu semua untuk menambah wawasan, menambah kemampuan menganalisa masalah, memberikan banyak pemahaman baru dan masih banyak manfaat lainnya.

“Pilihan ada ada di kita, menjadi orang biasa-biasa saja, menjadi orang terbelakang, atau menjadi orang yang luar biasa, menjadi orang sukses, tergantung kita. Tidak siapapun yang bisa membantu, orang tua kita. Jadi jika kita ingin menjadi orang sukses, kita bisa gali ilmunya, tidak saja hanya di bangku formal tetapi juga di perpustakaan yang tersebar di Kota Pekanbaru,” tutupnya.

Kenalkan Literasi Pada Masyarakat