Pojok Baca Digital Pekanbaru Hadir di RTH Putri Kaca Mayang

275
Pojok Baca Digital Pekanbaru

Pojok Baca Digital Pekanbaru kini hadir di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Putri Kaca Mayang. Kehadirannya sebagai wujud komitmen untuk mengembangkan literasi masyarakat.

Pojok Baca Digital atau yang disingkat Pocadi ini diresmikan oleh Wali Kota Pekanbaru Firdaus yang ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita pada 5 Januari lalu.

Agar Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispusip) Kota Pekanbaru Nelfiyonna mengungkapkan, Pocadi Pekanbaru merupakan salah satu bentuk layanan perpustakaan yang disediakan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mendekatkan perpustakaan ataupun buku-buku ke tengah-tengah masyarakat.

Hal ini, ungkapnya, sesuai dengan moto Dispusip Kota Pekanbaru yakni SMART (Siap Melayani Anda dengan Ramah dan Tuntas). Oleh karena itu salah satunya didirikanlah Pocadi di RTH Putri Kaca Mayang Pekanbaru.

“Ini salah satu bentuk kerjasama kita dengan stakeholder terkait, tentunya melalui CSR salah satu perusahaan yang ada di Kota Pekanbaru,” ucapnya.

Letaknya Yang Strategis

Nelfiyonna menjelaskan, POCADI di RTH Kaca Mayang Pekanbaru ini letaknya sangat strategis karena berada di tengah-tengah jantung Kota Pekanbaru.

Yaitu berada di pusat keramaian dan banyak sekali masyarakat yang berkumpul di sana pada saat hari libur ataupun hari kerja di sore dan pagi hari.

Tentunya ia mengharapkan masyarakat akan semakin mudah untuk mengakses bahan bacaan di RTH Kaca Mayang ini. Dimana dengan kemajuan teknologi saat ini semua bisa diakses melalui gadget termasuk bahan bacaan yang berkualitas.

Buku yang bisa Dibaca

Pocadi di RTH Putri Kaca Mayang Pekanbaru ini menghadirkan layanan perpustakaan digital yakni melalui iPekanbaru maupun layanan perpustakaan digital nasional.

Perpustakaan digital ini berbasis Android Smartphone yang mana masyarakat bisa membaca sekitar 8.000 judul buku dalam keadaan offline maupun online.

Selain itu perpustakaan digital ini juga menyediakan buku fisik sebanyak 300 judul dengan kategori buku cerita, buku motivasi, buku sejarah, life skill, dan lainnya sebagainya.

Jadwal Layanan

Pocadi di RTH Kaca Mayang ini terbuka untuk masyarakat umum setiap hari setiap pukul 08.00-16.00 WIB.

Fasilitas yang Disediakan

Pocadi di RTH Kaca Mayang Pekanbaru ini dilengkapi dengan fasilitas tambahan kepada pengunjung berupa wifi untuk akses buku-buku digital. Tidak hanya itu, juga disediakan kursi-kursi bagi yang ingin membaca.

Baca Buku di Tengah Kota Pekanbaru