Keamanan Pleno KPU Riau Dijamin Kapolda Riau

0
643
Keamanan Pleno KPU Riau

Kapolda Riau Irjen M Iqbal menjamin keamanan pelaksanaan rapat pleno KPU Riau yang digelar di Hotel Aryaduta Pekanbaru, Kamis (7/3/2024) pagi.

Untuk diketahui, rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Provinsi Riau ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau.

Beri Keamanan Maksimal

Adapun Kapolda Riau tersebut menyampaikan bahwa pihaknya akan memberikan keamanan maksimal terkait pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi tingkat KPU Provinsi Riau.

Jikalau misalnya terjadi hal-hal yang kurang dalam perspektif saksi masing-masing partai maupun calon legislatif (caleg), dikatakan Iqbal, ada kanalnya.

“Ada sesi perselisihan di Mahkamah Konstitusi nanti, jadi ini bukan final,” kata M Iqbal.

Selain itu ia juga mengimbau kepada para pendukung dan simpatisan, partai politik hingga caleg agar tidak mencari keadilan yang melanggar hukum. Pihaknya siap menegakkan hukum jika hal tersebut terjadi.

“Jika ada pihak-pihak yang melanggar hukum di ruang sidang, kami tentunya akan siap menegakkan hukum. Jangan juga mencari keadilan, tapi melanggar hukum,” tegas Iqbal.

Ia meyakini, pelaksanaan rekapitulasi penghitungan perolehan suara tingkat provinsi ini dapat berjalan lancar, aman dan sukses.

“Saya yakin Pleno KPU Riau ini dapat berjalan dengan baik, dan berjalan sebagaimana mestinya,” pungkas Iqbal.

Target Rampung 9 Maret 2024

Di lain pihak, Ketua KPU Riau Rusidi Rusdan mengatakan bahwa daerah pertama yang dibacakan ialah Kabupaten Siak. Ia menargetkan pleno ini dapat rampung pada tanggal 9 Maret 2024 mendatang.

Lebih lanjut Rusidi mengungkapkan bahwa urutan kabupaten/kota yang akan dihitung adalah sebagai berikut, Kabupaten Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, dan Indragiri Hulu.

“Lalu di hari kedua, rekap dari Kabupaten Rokan Hilir, Kampar, Kota Pekanbaru, Bengkalis, Rokan Hulu, dan Kota Dumai,” kata Rusdi.

Dijelaskan Rusidi, timeline pelaksanaan rekap ini dilakukan secara tentatif. Menurutnya, KPU Riau merupakan salah satu penyelenggara Pemilu yang melaksanakan pleno rekapitulasi pada tingkat provinsi dengan cepat.

“Terima kasih untuk seluruh lapisan masyarakat serta stakeholder terkait. Terlebih lagi target partisipasi pemilih di Provinsi Riau juga sangat tinggi,” tutupnya.