Kasus Corona di Riau: 1 Sembuh, 1 Positif

1160

Kasus Corona di Riau hari ini (Sabtu, 6/6/2020) bertambah 1 pasien postif dan 1 pasien positif sembuh.

Dengan demikian, jumlah Kasus Corona di Riau sebanyak 118 orang dari sebelumnya berjumlah 117 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 101 pasien positif Covid-19 Riau yang telah sembuh dan pulang. 11 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat, serta 6 pasien yang telah meninggal.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Covid-19 Provinsi Riau, dr. Indra Yovi saat menggelar Press Conference di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi.

corona riau

Dikatakan oleh dr Yovi, pasien ke-118, yakni HW (46) ini merupakan warga asal Kabupaten Natuna, Provinsi Kepualaun Riau.

Ia diketahui memiliki anak yang bersekolah di Riau, dan sejak April 2020 HW telah berada di Provinsi Riau.

Akan tetapi, pada akhir Mei lalu ia akan melakukan perjalanan ke Natuna. Ia kemudian melakukan pemeriksaan Rapid Tes di salah satu rumah sakit swasta.

Dari Rapid Test tersebut diketahui bahwa ia reaktif, dan kemudian dilakukan pemeriksaan PCR oleh rumah sakit swasta tersebut dengan biayanya sendiri yang kemudian dikirim ke Jakarta.

Barulah pada 4 Juni, hasilnya keluar yakni positif Covid-19. Lalu pasien langsung dirawat di RSUD Arifin Ahmad.

Pasien ini memiliki riwayat perjalan pada tanggal 26 mei dan 28 Mei lalu ke Sungai Hijau, Bangkinang, Kabupaten Kampar.

Dengan data tersebut, Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar akan melakukan tracing kontak. Namun dr. Yovi berharap, tidak ada ditemukan kasus pasien positif baru.

Adapun pasien sembuh Covid-19 Riau ini adalah pasien yang berasal dari Kabupaten Bengkalis. Ia adalah hasil cluster dari kepulangan santri Magetan (Jawa Timur).

Untuk jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Riau sebanyak 1.476 orang. Untuk PDP yang masih dirawat berjumlah 64 pasien, PDP negatif covid-19 dan dipulangkan berjumlah 1.251 orang. Sementara itu, PDP yang meninggal dunia berjumlah 161 orang.

Sedangkan Orang Dalam Pengawasan (ODP) di Riau yang masih dalam pemantauan berjumlah 5.218 orang, serta ODP sudah selesai pemantauan berjumlah 65.660 orang dari total 70.878 ODP.