Karhutla di Pekanbaru Habiskan 4,5 Hektare Lahan

56
Karhutla di Pekanbaru

Encik dan puan, tahun ini telah terjadi beberapa kasus kebakaran hutan dan lahan di Pekanbaru. Diketahui pada awal tahun 2023 ini saja ada sebanyak 4,5 hektare lahan yang tersebar di sejumlah titik Kota Pekanbaru yang mengalami Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Sementara itu untuk Provinsi Riau sendiri, Karhutla telah menghabiskan 6 hektar lahan pada tahun ini dalam waktu sebulan.

Pemadaman Karhutla di Pekanbaru  Telah Dilakukan

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Alan Kurnia, Selasa (7/2/2023), mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemadaman terhadap kebakaran lahan yang terjadi.

Kebaran Tersebar di Tiga Titik Lokasi Yang Berbeda

Ia juga menyampaikan bahwa lahan 4,5 hektare yang terbakar tersebut terjadi dalam tiga kejadian kebakaran yang berbeda.

Pertama, kebakaran lahan yang terjadi diketahui telah melahap 1 hektar lahan di Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya. Kebakaran ini terjadi pada tanggal 7 Januari 2023 lalu.

Kemudian yang kedua, kebakaran lahan yang terjadi di kawasan Jalan Mulya Sari, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya pada tanggal 28 Januari 2023. Pada kejadian ini, lahan yang terbakar mencapai 1 hektare.

Terakhir yang ketiga, kasus kebakaran lahan terjadi pada tanggal 30 Januari 2023 di kawasan Jalan Selaras. Kali ini lahan yang terbakar lebih luas dari pada dua lainnya, yakni seluas 2,5 hektare.

“Sejauh ini kita terus melakukan antisipasi dan pencegahan di lapangan sehingga kasus kebakaran lahan bisa diminimalisir,” ujarnya.