Jumlah Covid19 Riau Hari Ini Capai 70.500 Kasus

0
445
Jumlah Covid19 Riau

Jumlah Covid19 Riau Hari Ini (Rabu, 30/6/2021) bertambah sebanyak 382 kasus, 250 pasien yang telah sembuh, dan 8 pasien yang meninggal dunia. Sehingga jumlah kasus terkonfirmasi Covid dari 70.118 kasus menjadi 70.500 kasus.

Dari sebaran Covid19 Riau Hari Ini, sebanyak 65.704 pasien positif Corona Riau yang telah sembuh dan pulang. 527 pasien positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit, 2.340 orang isolasi mandiri, serta 1.929 pasien yang telah meninggal.

corona riau

Jumlah Suspek

Untuk jumlah suspek di Riau sebanyak 96.874 orang. Suspek yang isolasi di rumah sakit berjumlah 160 pasien, suspek yang telah selesai isolasi berjumlah 92.449 orang, dan suspek yang isolasi mandiri sebanyak 3.943 orang. Sedangkan suspek yang meninggal dunia berjumlah 322 orang.

Jumlah Spesimen

Sementara spesimen di Riau yang diperiksa sebanyak 1.131 spesimen, serta jumlah orang yang telah diperiksa 1.033 orang. Sehingga saat ini total spesimen swab yang telah diperiksa di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad mencapai 372.290 sampel.

Antisipasi Varian Baru, Orang Masuk Dari Bandara SSK II Pekanbaru Wajib Rapid Antigen

Untuk mengantisiapsi masuknya penyebaran kasus varian baru COVID-19 Delta, Pemerintah Provinsi Riau mulai melakukan pemeriksaan Rapid Antigen langsung terhadap orang yang masuk ke Riau dari pulau Jawa melalui Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, melalui pintu kedatangan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, mulai hari Jumat (25/6/2021) telah dilakukan pemeriksaan Rapid Antigen terhadap orang yang datang. Walaupun yang datang dari Pulau Jawa dan daerah lainnya sudah menunjukkan hasil tes Rapid Antigen negatif saat menuju Riau.

Usai menjalani Rapid Antigen jika ditemukan hasil tesnya positif, maka akan langsung diisolasi di Asrama Haji Pekanbaru. Sedangkan jika hasilnya negatif diperbolehkan pulang.

Pasien Covid-19 Yang Sudah Divaksin, Terbukti Lebih Cepat Sembuh

Sementara itu, Juru bicara Satgas Percepatan Penangangan Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan bahwa vaksin dapat meningkatkan kekebalan tubuh bagi yang belum pernah terkena Covid-19.

Beberapa masyarakat yang sudah divaksin dan terkonfirmasi Covid-19, penyembuhannya juga terbukti lebih cepat.

Manfaat lain dari vaksin yang pihaknya temukan yakni dari beberapa masyarakat yang sudah divaksin dan terkonfirmasi Covid-19, penyembuhannya terbukti lebih cepat.

Karena itu, dr Yovi mengimbau kepada masyarakat untuk tidak ragu untuk mengikuti program vaksinasi. Karena dampak positifnya sudah banyak dirasakan.

Alami Gejala Ini, Pasien Isolasi Mandiri COVID-19 Harus Segera Dirawat di Rumah Sakit

Lebih lanjut dr Yovi mengungkapkan, jika mengalami beberapa gejala di bawah ini untuk segera dirawat di rumah sakit.

Adapun beberapa gejalanya ialah, demam berkepanjangan meski sudah diberi obat. Kemudian batuk yang terus-menerus meski sudah minum obat.

Gejala selanjutnya yang membuat pasien COVID-19 tidak bisa isolasi mandiri di rumah yakni sesak nafas. Yang ditandai dengan dada terasa berat saat menarik dan melepas nafas.

“Kalau sudah ada beberapa gejala di atas, berarti harus segera melakukan perawatan di rumah sakit. Tidak bisa isolasi mandiri lagi,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.