Tips Hemat Anak Kos, Anti Bokek Akhir Bulan

105
Tips Hemat Anak Kos

Encik dan Puan adalah anak kos? Sering bokek jelang akhir bulan? Kali ini penulis akan menjabarkan 7 tips hemat anak kos, anti bokek akhir bulan.

Supaya lebih hemat dan mengetahui apa saja yang diperlukan untuk menjadi anak kos, berikut ini 7 tips hemat anak kos yang bisa Encik dan Puan terapkan:

Pilih kos-kosan sesuai budget

Poin penting dan utama ketika menjadi anak kos adalah budgeting. Sangat diperlukan memilih kos-kosan yang sesuai dengan budget dan tidak membebankan bagi diri sendiri maupun orang tua.

Kos tidak perlu mewah dan dilengkapi fasilitas, tetapi yang perlu dilihat adalah keamanan dan kenyamanan di dalam nya. Perhatian kebersihan kos-kosannya dan keamanannya.

Usahakan masak sendiri

Untuk awal-awal ngekos, alangkah baiknya untuk masak sendiri dulu sebelum mengetahui tempat makan yang sesuai keuangan.

Dengan masak sendiri, selain hemat tentu juga baik untuk kesehatan karena kita mengolah sendiri bahan-bahan yang ada.

Bila belum bisa memasak, tidak ada salahnya sekalian belajar masak. Mulai dari masak-masak simpel dulu, kemudian baru masak menu-menu makanan lainnya.

Pakai barang elektronik seperlunya

Terkadang karena terbiasa di rumah dilengkapi dengan berbagai fasilitas membuat anak kos cenderung menginginkan hal yang sama, jika tidak difasilitasi oleh pemilik kos, maka ia akan berusaha membeli sendiri.

Agar menghemat pengeluaran terutama tarif listrik, sebaiknya pilih dulu barang elektronik yang tepat guna dan memang betul-betul urgent. Bila tidak terlalu penting sekali, usahakan untuk tidak tergoda membelinya.

Beli peralatan dapur seperlunya

Tips hemat ala anak kos berikutnya adalah membeli peralatan dapur seperlunya, karena akan tinggal sendiri jadi tidak perlu membeli barang-barang dapur tidak berguna, atau bila memungkinkan bisa jadi di bawa saja dari rumah.

Bawa gelas secukupnya, piring secukupnya, sendok dan peralatan-peralatan lainnya yang memang dibutuhkan.

Membuat daftar rincian pengeluaran

Seberapa penting sih membuat daftar rincian pengeluaran bagi anak kos? Jelas penting sekali. Dengan demikian akan bisa memprediksi uang yang ada bertahan berapa lama dan menghindari kita untuk berbelanja yang tidak penting dulu.

Nongkrong atau nongki di cafe, nonton bioskop atau lainnya, boleh-boleh saja untuk membahagiakan diri sendiri. asal kita tahu batas dan kapasitas yang kita miliki.

Berbahagia dan memanjakan diri itu penting, tapi sangat penting apabila kita bisa menghemat pengeluaran dan menabung untuk kebutuhan-kebutuhan yang lebih urgent.

Belanja bulanan juga sangat dianjurkan dalam poin ini, untuk menghindari kekurangan budget pada saat akhir bulan. Jadi, catatlah pengeluaran sedetail mungkin!

Mandiri alias apa-apa dikerjakan sendiri

Poin ini maksudnya adalah mandiri, mencuci pakaian sendiri, menyetrika sendiri dan apa-apa dilakukan serba sendiri. Laundry bukan hal yang tepat jika ingin hemat, karena dengan laundry pakaian akan banyak pengeluaran yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya.

Biar hemat, usahakan bawa bekal

Sebetulnya pada poin terakhir tips hemat ala anak kos ini juga tidak kalah penting dari tips-tips di atas. Membawa bekal makanan tentu saja akan mengurangi budget makan pagi dan makan siang.

Untuk itu, jika rajin membawa bekal sudah dipastikan Encik dan Puan bisa menghemat uang yang ada untuk hal-hal lainnya.

Nah itulah 7 tips hemat ala anak kos yang bisa Encik dan Puan terapkan agar budget yang ada sesuai dengan kebutuhan bulan ke bulan.