Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Ditutup Sementara, Ini Alasannya

350
Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang

Ruas Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang dikabarkan pada Rabu (4/1/2023) akan ditutup untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan adanya agenda kunjungan dan peresmian oleh Pesiden Republik Indonesia Jokowi.

Ditutup Selama 24 Jam

Adapun Jalan tol yang baru dioperasikan dua pekan ini akan ditutup mulai dari pukul 00.00-23.59 WIB. Kemudian jalan tol ini akan dioperasikan kembali pada Kamis (5/1/2023) keesokan harinya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by hk_pekbang (@hk_pekbang)

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengungkapkan bahwa penutupan sementara ini dilakukan sehubungan dengan penyempurnaan seperti melakukan perawatan atau maintenance pada sistem transaksi. Yakni pada mesin bayar Uang Elektronik (UE) yang ada di Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang.

Sementara itu bagi masyarakat yang ingin menggunakan tol pada hari Rabu tersebut, diimbau untuk melewati rute Jalan Nasional (non tol). Yakni pada ruas Jalan Raya Pekanbaru-Bangkinang.

“Hutama Karya memohon maaf atas ketidaknyamanan penutupan sementara,” ungkap Tjahjo Purnomo, Selasa (3/1/2023).

Selanjutnya, tidak ada penjelasan lebih lanjut lagi dan alasan penutupan ruas jalan tol ini  dikarenakan rencana peresmian oleh Presiden Jokowi.

Imbauan HK

Terkait lalu lintas di Tol Pekanbaru-Bangkinang, Tjahjo Purnomo juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol.

Di antaranya dengan menggunakan satu kartu UE hanya untuk satu kendaraan, lalu memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol. Jika pengguna tol lup mengisi saldo UE, bisa menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya. Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur cek saldo UE serta juga bisa melakukan top-up saldo UE.

Selain itu Hutama Karya mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan sesuai dengan yang dipersyaratkan.

“Lalu tidak menggunakan bahu jalan, kecuali jika dalam keadaan darurat,” tandas Tjahjo.

Pihaknya juga mengingatkan pengguna tol untuk beristirahat jika merasa mengantuk di rest area terdekat, kemudian selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada.

Fakta Tol Pekanbaru-Bangkinang