Imsakiyah Ramadan 1445H Pekanbaru, Ini Jadwalnya

0
3903
Imsakiyah Ramadan 1445H Pekanbaru

Berikut ini adalah jadwal Imsakiyah Ramadan 1445H untuk wilayah Kota Pekanbaru dan sekitarnya, semoga bermanfaat bagi Encik dan Puan.

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1445H Pekanbaru

Jadwal Imsakiyah Ramadan

Puasa Tahun Ini Berbeda

Pemerintah telah menetapkan bahwa 1 Ramadan 1445H jatuh pada hari Selasa (12/3/2023). Adapun penetapan awal Ramadan tersebut diumumkan setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar sidang isbat.

Digelar secara langsung di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (10/3/2024), hasil sidang isbat tersebut diumumkan secara terbuka oleh Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas.

Sebagai informasi, sidang isbat penentuan awal Ramadan 1445H ini melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama. Selain itu, sidang isbat ini juga dihadiri para duta besar negara sahabat serta perwakilan dari organisasi masyarakat Islam.

Dengan demikian, puasa tahun ini kembali ada perberbedaan. Hal tersebut karena Muhammadiyah mengawali 1 Ramadan pada Senin (11/03/2024).

Penetapan 1 Ramadan

Penetapan 1 Ramadan yang dilakukan oleh pemerintah masih sama seperti pada tahun-tahun yang sebelumnya. Yaitu melalui pemantauan hilal atau rukyatul hilal, metode mengobservasi benda-benda langit untuk melakukan verifikasi hasil hisab.

Kemudian dengan mengamati visibilitas hilal atau bulan sabit saat matahari terbenam, saat menjelang awal bulan di Kalender Hjriah.

Menag Yaqut mengatakan bahwa ketinggian hilal pada seluruh wilayah Indonesia berada di posisi antara antara – 0 derajat 20,2 menit sampai 0 derajat 52,09 menit. Dimana sudut elongasinya antara 2 derajat 14,78 menit sampai 2 derajat 41,84 menit.

Hal ini sesuai dengan ketentuan MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia dan Singapura), dimana imkanur rukyat dianggap telah memenuhi syarat. Yakni jika posisi hilal mencapai ketinggian 3 derajat dengan sudut elongasi 6,4 derajat.

Kriteria ini adalah pembaruan dari kriteria sebelumnya, yaitu 2 derajat dengan sudut elongasi 3 derajat yang mendapatkan masukkan dan kritik sebelumnya.

Hargai Perbedaan

Perbedaan penetapan 1 Ramadan ini merupakan hal biasa dalam Islam, serta tidak mengurangi kualitas ibadah puasa. Diharapkan kepada semua pihak untuk tetap saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Untuk diketahui sebelumnya selama enam tahun berturut-turut awal puasa selalu bersama-sama, antara Muhammadiyah dengan pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU).