Hati-hati Ada “musuh” di Pakaian Bayi

0
157

Saat memilih pakaian bayi, biasanya kita hanya fokus merasakan bahannya saja seperti jenis bahan, kelembutan, dan kenyamanan untuk bayi kita. Padahal, kita juga harus memastikan apakah pakaian itu aman dan sehat untuknya.

Para ibu mungkin akan bertanya-tanya, “adakah pakaian bayi yang tidak aman dan sehat?”. Pakaian untuk si kecil umumnya terbuat dari bahan katun atau sintetis polyester. Proses pembuatan bahan pakaian dari tanaman kapas ini melibatkan bahan kimia.

Inilah kemudian yang akan menjadi ‘musuh’ di dalam pakaian si kecil yang bila bersentuhan dengan kulitnya atau tertelan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti iritasi, ruam, gangguan pernapasan, keracunan, dan alergi. Selain itu juga dapat menimbulkan masalah yang lebih serius dalam jangka panjang, seperti kanker dan gangguan sistem saraf.

Sayangnya musuh dalam pakaian bayi ini tidak terlihat dan tidak dapat dirasakan hanya dengan menyentuhnya saja, melainkan harus melalui uji laboratorium yang lengkap. Lalu bagaimana caranya memilih pakaian yang aman bagi si kecil?

Untuk menghindari ‘musuh’ dalam pakaian si kecil tersebut, ibu sebaiknya memilih pakaian yang telah mendapat sertifikasi keamanan dari lembaga uji tekstil tepercaya. Sertifikasi ini biasanya diberikan kepada produk pakaian bayi yang telah melalui serangkaian tes dan pengujian ketat, sehingga dipastikan tidak ada kandungan berbahaya di dalamnya.

Selain itu, ibu juga perlu merawat pakaian si kecil dengan seksama dan hindari penggunaan produk-produk yang mengandung bahan kimia untuk mencuci dan merawatnya. Misalnya, cucilah terlebih dahulu pakaian yang baru dibeli sebelum dikenakan pada si kecil.  Gunakan detergent yang aman, lebih baik jika Anda menggunakan detergent khusus bayi. Saat mencuci pakaian, gunakan tangan agar serat kain tetap terjaga halus, lembut, dan tidak rusak. Jika Anda menggunakan mesin cuci, putar mesin dengan kekuatan low atau gentle.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.