Hari Peduli Sampah Nasional, Ini Sejarahnya

0
240
Hari Peduli Sampah Nasional

Tiap tanggal 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN). Dari sejarahnya, ini merupakan peringatan akan kenangan kelam di Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005 lalu.

Sejarah Hari Sampah Nasional

HPSN merupakan peringatan akan kenangan kelam, di mana saat itu terjadi longsor gunungan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) di Leuwigajah, yang menimpa perkampungan warga Cilimus dan Pojok Jawa Barat pada tahun 2005 silam.

Peristiwa tersebut terjadi akibat curah hujan yang tinggi dan ledakan gas menata pada tumpukan sampah. Akibatnya, 157 jiwa melayang dan dua kampung (Cilimus dan Pojok) hilang dari peta karena tergulung longsongan sampah yang berasal dari TPA Leuwigajah.

Insiden yang merenggut korban jiwa tersebut kemudian memicu dicanangkannya HPSN yang jatuh setiap tanggal 21 Februari setiap tahunnya. Adanya hari peringatan tersebut juga menjadi pemicu agar Indonesia dapat terbebas dari sampah.

Hal yang Perlu Kita Lakukan untuk Menjaga Lingkungan

HPSN 2021 tidak sekadar menjadi tanggal yang harus kita ingat saja. Namun, perlunya aksi nyata bagi seluruh lapisan masyarakat untuk turut serta menjaga lingkungan. Berikut ini beberapa tips sederhana bagaimana caranya berkontribusi terhadap lingkungan.

  • Tidak Menggunakan Peralatan Makan Sekali Pakai

Menggunakan peralatan makan berbahan plastic memang lebih praktis. Namun jika ingin bumi tetap terjaga dengan baik, usahakan untuk menghindari penggunaan gelas kopi plastik, botol mineral sekali minum, peralatan makan mulai dari sendok dan garpu, hingga bungkusan makanan berbahan Styrofoam. Sebaiknya, gunakanlah peralatan makan yang bisa dipakai berkali-kali.

  • Bawalah Kantong Belanja Berbahan Kain

Lebih dari satu juta kantong plastik digunakan setiap menitnya di seluruh dunia. Bayangkan saja, seberapa banyaknya limbah plastik yang dihasilkan setiap harinya? Nah, untuk itu, kita perlu berkontribusi dalam hal mengurangi sampah plastik. Caranya dengan membiasakan diri mulai dari sekarang untuk membawa tas belanja yang bisa kita gunakan berkali-kali. Harganya pun relative murah, kita bisa mencucinya ketika selesai dipakai.

  • Mendaur Ulang

Penggunaan sampah plastik sebenarnya bisa kita manfaatkan kembali, agar tidak berakhir di tempat sampah, yang dapat membahayakan lingkungan. Kamu bisa mulai belajar bagaimana mendaur ulang plastik untuk dijadikan sebagai barang yang berguna. Misalnya mendaur ulang sedotan plastik menjadi bunga atau bungkus mi instan menjadi tas belanja.

Sekian sejarah singkat tentang Hari Peduli Sampah Nasional dan tips untuk mengurangi sampah plastik. Sudah cukup pedulikah diri kita untuk mendukung pengurangan sampah plastik dengan cara-cara di atas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.