Harga BBM Dikabarkan Alami Perubahan Pada 1 Febuari 2023

112
Harga BBM Dikabarkan

Bahan Bakar Minyak (BBM) dikabarkan akan mengalami perubahan harga dari harga sebelumnya pada 1 Febuari 2023 mendatang.

Belum Ada Kepastian

Namun hingga saat ini masih belum ada kepastian apakah harga BBM dikabarkan akan mengalami kenaikian atau penurunan. Di sisi lain pemerintah menyampaikan bahwa harga BBM akan selalu disesuaikan dengan harga minyak dunia.

Menteri BUMN, Erick Thohir mengatakan bahwa pemerintah akan menyampaikan terkait penyesuaian harga BBM. Yang mana akan disampaikan pada tiap minggunya dan akan di-update secara rutin.

Jika ada perubahan harga minyak, maka akan disampaikan pada akhir bulan dan akan diumumkan pada awal bulan selanjunya. Demikian yang diungkapkan Section Head Communication and Relation PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Agustiawan.

Agus juga mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini belum mendapatkan informasi terkait perubahan harga.

“Kalau untuk penyesuaian harga BBM masih belum ada infonya sejauh ini. Biasanya baru akan disampaikan akhir bulan atau awal bulan,” ujar Agustiawan.

Harga Minyak Masih Dipantau

Sementara itu, dikutip dari CNBC Indonesia, Secretary Corporate PT Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menyebutkan bahwa pihaknya masih memantau pergerakan harga minyak mentah dunia yang melandai.

Serta adanya penguatan kurs Rupiah terhadap dollar. Dikarenakan hal tersebutlah, Irto masih belum bisa memberi kepastian apakah harga minyak akan mengalami perubahan pada Febuari yang akan datang.

“Melihat tren harga minyak, MOPS maupun kurs. Ini yang kami review. Kita tunggu hasil reviewnya ya,” ujarnya, Rabu (25/1/2023).

Sebelumnyai, badan usaha penyedia BBM kompak melakukan penurunan harga produk BBM pada tanggal 3-4 Januari 2023 yang salah satu di antaranya merupakan perusahaan Pertamina.

Harga Bahan Bakar Saat Ini

Diketahui harga beberapa jenis bahan bakarnya saat ini yakni untuk Pertamax Turbo yang sebelumnya  Rp15.200 per liter mengalami penurunan sebesar turun Rp1.150 per liter sehingga menjadi Rp 14.050 per liter.

Untuk harga bahan bakar produk Dexlite yakni sebesar Rp16.150 per liter yang kemudian mengalami penurunan Rp2.150 per liternya dari Rp18.300 per liter.

Selanjutnya, untuk harga Pertamina Dex juga mengalami penurunan dari Rp18.800 per liter menjadi Rp16.750 per liter, Harga ini mengalami penurunan sebesar Rp2.050 per liter.